Tingkatkan Hasil Petani BPMDK Brebes Gelar Teknologi Tepat Guna

0
106

kabarberitaku.com ( Brebes) Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan (BPMDK) Kabupaten Brebes menggelar kegiatan teknologi tepat guna di Desa Luwunggede Kecamatan Larangan, kemarin. Kegiatan yang diikuti 110 peserta dari perwakilan 3 Posyantek di Kecamatan Bulakamba, Banjarharjo dan Bumiayu , tersebut, menghadirkan kelompok ternak serta kelompok tani masing masing. Berikut seluruh kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) se-Kab. Brebes dan pengurus kelompok ternak Maidho Jaya.

Dalam acara tersebut juga di pamerkan, cara kerja alat Tehnologi Tepat Guna seperti, mesin penyiram bawang, mesin penanam padi, mesin penyiang padi, mesin perontok padi, mesin perajang bawang, mesin pengiris bawang dan traktor mini. Adapun sebagai narasumber, praktisi ternak yang berkompeten Ir. Sugeng Budhiarto , yang memaparkan. teori dan Praktek membuat Pakan Ternak yang di Permentase/silase, serta Atmo Suwito Rasban, SE , selaku praktisi Jamu Herbal untuk ternak .

Rofiq Qoidul Adzam, SH selaku Kepala BPMDK Brebes menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada penerima program dan masyarakat sekitarnya agar bisa memanfaatkan bantuan alat tersebut semaksimal mungkin. Sekaligus juga memperkenalkan beberapa alat teknologi tepat guna pada bidang peternakan dan pertanian., agar masyarakat penerima program ini tidak gagap tekhnologi , bermanfaat dan bisa meningkatkan kesejahteraan petani ” papar Rofiq. Menurut Soleman, Kasi PMD Kecamatan Bantarkawung, mengaku puas dengan kegiatan yang digelar. Pihak nya mengharap acara seperti ini bisa di lakukan di desa desa lain di kabupaten Brebes.

” Acara sangat bagus , dari sisi materi dan praktek nara sumbernya sangat mengusai serta mampu untuk mempraktekkan alat mesin cacah untuk pakan ternak dan cara membuat pupuk kompos. Hendak nya BPMDK juga menyelenggarakan kegiatan yang sama seperti ini di desa-desa lain di Brebes, biar semua desa yang punya basis ternak dan pertanian bisa merasakan manfaat program ini ” tutur Soleman Terpisah , Hanoyoto selaku ketua kelompok Maidho Jaya, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Propinsi dan Kabupaten,yang telah mempercayakan kelompoknya sebagai perwakilan kelompok peternak. ” Bantuan alat Tehnologi Tepat Guna ini semoga bisa meningkatkan produktivitas ternak kami. Untuk itu kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah , yang telah mempercayakan kelompok kami mendapatkan bantuan alat TTG ” ujar Hanoyoto(Bah/Purwanto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here