Seniman kota Tegal Gelar Musda

Kabarberitaku.com, ( Tegal )- Dewan Kesenian Kota Tegal Hari ini Minggu,(25/2/2018) menggelar Musyawarah Daerah (Musda) guna menentukan kepengurusannya. Musda itu sendiri digelar di Pendopo Balaikota Tegal jalan ki Gede Sebayu.

Dari keterangan yang diperoleh dari pihak panitia, disebutkan agenda Musda DKB kali ini termasuk memilih Ketua DKT. Pihak panitia tak menampik, bahwa salah satu pendorong gelaran Musda ini untuk membangkitkan gairah seni di kota Tegal Karena sebelumnya komunitas ini sempat vakum dan tak pernah memiliki kegiatan.

Apakah kebangkitan para seniman ini berkaitan dengan akan dilaksanakannya Pilkada Kota Tegal?, ketua Carateker DKT Yono Daryono tidak membantah adanya kemungkinan tersebut. Karena para pegiat seni di Kota Tegal juga menginginkan adanya pemimpin yang memiliki kepedulian terhadap keberadaan dan eksistensi para seniman.

Apalagi jumlah komunitas seni di Kota Tegal ini jumlahnya juga cukup besar. Jika ada calon Walikota yang bisa mewadahi dan mengayomi komunitas seni ini, maka sudah dipastikan calon tersebut akan mendapatkan ribuan bahkan puluhan ribu suara dari para seniman.

Yono juga mengatakan, diperlukan adanya sinergi antara pemerintah dan dewan kesenian sehingga tidak ada pembangunan “wayad”. ” Perhatian pemerintah bukan hanya sekedar anggaran saja.Tapi juga sinergi dengan kata lain perlu adanya keseriusan pemerintah memperhatikan para seniman, karena selama ini tidak perhatian dari pemerintah apalgi penghargaan kepada seniman.Seni adalah membangun peradaban manusia. kami berharap ada pwrhatian serius dari peemrintah dengan kesenian,” ucapnya.

Seniman cemburu, lanjut Yono, anggaran dibidang olah raga begitu besar, namun anggaran untuk mengairahkan dan menghidupkan seni sangat kecil dan terbatas. ” Oleh karena itu kami butuh komitmen pemerintah daerah dan kepala daerah untuk bersama- sama dewan kesenian kembali mengaungkan kesenian di kota Tegal,”paparnya.(Soleh/Kbk)