Dinas Kesehatan Musnahkan 104 Bal Kerupuk Mie Berbahan Kimia Pewarna Tekstil

0
257
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dr. Hendardi Setiaji M. Kes, dan Sekda Pemkab Tegal menunjukan kerupuk mie berbahan pewarna tekstil kepada wartawan.(Foto:Makmur/Kbk)


Kabarberitaku.com, ( Slawi )- Sebanyak 104 bal produk kerupuk mie mengandung bahan kimia pewarna tekstil yakni auramin, dimusnahkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal  Jumat (16/3/2018).

Dinas Kesehatan memusnahkan krupuk mie berbahan kimia auramin dengan cara dibakar dan dilindas. Sekda Kabupaten Tegal  dr Widodo Joko Mulyono   mengawali pemusnahan kerupuk mi dengan melakukan pembakaran, selanjutnya 104 bal kerupuk tersebut dimusnahkan dengan dilindas, yang dihadiri oleh produsen krupuk Sri Mulyati.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dr. Hendardi Setiaji M. Kes, 104 bal kerupuk mie tersebut merupakan  hasil  temuan dari Sistem Keamanan Pangan Terpadu (SKPT) dengan BPOM Kota Semarang .” Temuan ini mulai  12-13 Febuari 2018, di dua desa yang terindikasi menggunakan bahan kimia perwarna yakni Harjosari Lor dan Pagedangan, totalnya 104 bal kerupuk mi, dengan rincian  57 bal kerupuk besar dan 47 bal kerupuk kecil.” Krupuk mie tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan, bisa mencetuskan kanker,” tutur Hendardi

Sementara Sekda pemerintah kabupaten Tegal, dr Widodo Joko Mulyono, mengatakan, akan menindak tegas produsen kerupuk yang tetap menggunakan pewarna auramin.

“Ini merupakan kejahatan serius, kejahatan kemanusiaan. Selanjutnya ke depan kami akan melakukan penindakan, jika masih menggunakan auramin pemerintah akan menindak serius,” ucapnya. (Makmur/Kbk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here