Ditanya Soal Nilai Klaim Kesehatan, BPJS Tegal Belum Berikan Jawaban Kepastian,Terkesan Tertutup

0
6720
Suasana pelayanan kantor BPJS Cabang Tegal.(Foto:Makmur/kbk)

Kabarberitaku.com, ( Tegal ) – BPJS Kesehatan area Tegal, belum memberikan jawaban yang jelas dan terkesan tertutup perihal nilai klaim untuk peserta Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)tahun 2017 tahun lalu di Tegal.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tegal A. Prasetya Harry P, S.H, AAAK, melalui bagian Humas BPJS Tegal, Sulistyo mengatakan, bahwa pihaknya tidak bisa memberikan jawaban perihal nilai klaim untuk peserta Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) ke publik. ” Kalau untuk data nilai klaim jumlahnya berapa, kami tidak memberikan keterangan karena itu adalah “rahasia” BPJS, tapi kalau nama – nama dan jumlah peserta atau Faskes kami bisa memberikan keterangan,”kata Sulityo, kepada kabarberitaku.com,Kamis ( 01/03/2018) ditemui di kantor BPJS Tegal.

Menyikapi hal itu, pengurus Dewan Kesehatan Rakyat Tegal, Vidi Trimurtiono menilai, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Tegal, adalah sebuah badan hukum yang mempunyai roh pelayanan publik untuk mengelola uang rakyat dibidang kesehatan . Transparansi pengelolaan menjadi hal penting, agar masyarakat bisa mengetahui pencapaian kinerjanya dalam menjalankan amanat yang diberikan negara kepada sebuah badan hukum. Apalagi, di era modernisasi, ketika internet sudah menjadi bagian dari kehidupan.

” Peningkatan kinerja pelayanan publik secara cepat dan tepat untuk kepentingan masyarakat. Pemanfaatan teknologi informasi secara maksimal, agar masyarakat bisa mengakses secara cepat. Dan transparansi kinerja, sehingga masyarakat bisa memberikan kritik dan saran. BPJS itu harus terbuka dan transparan, karena BPJS adalah Badan Hukum yang diberikan amanat oleh Negara untuk mengelola uang rakyat dalam bidang asuransi kesehatan, kenapa harus takut terbuka dan harus ditutuppi nilai klaim kesehatan? jika ditutuppi berarti ada apa dengan nilai klaim??,”ujarnya.(Makmur/Kbk)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here