Petinggi Polres, TNI AL/AD Tegal Ikut Gotong Kongco Meriahkan Imlek

 

Kabarberitaku.com, ( Tegal ) – Kirab Cap Go Meh merupakan satu di antara beberapa cara warga Tionghoa kota Tegal untuk menghormati leluhur. Kelenteng Tek Hay Kiong Kota Tegal selalu mengadakan agenda kirab rutin tersebut. Di tahun imlek 2569 Kirab Cap Go Meh jatuh pada tanggal 1 Maret 2018.

Kapolres Tegal Kota AKBP Jon Wesley Arianto, SIk, bersamaKomandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Danlanal, mengarak tupekong.(Foto:Soleh/Kbk)

Meski demikian sejumlah orang nomer satu dijajaran Kepolisian Resor Tegal Kota, TNI AL Tegal, dan TNI AD ikut menyemarakkan perayaan kirab Cap Go Meh, yang diselenggarakan Klenteng Tek Hay Kiong,. Dari Kapolres Tegal kota AKBP Jon Wesly Arianto,SIk, Komandan Distrik Militer ( Dandim) 0712/Tegal Letkol Kav Kristiyanto S.Sos,Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Danlanal) Tegal Lantamal V Letkol Mar SB.Manurung, bersama Forkopimda kota Tegal terlihat semangat ikut serta mengarak Panglima Perang Kongco Cing Guan Cing Kun dari Klenteng Tel Hay Kiong menuju pelabuhan kota Tegal dalam rangka ritual pemandian Kongcho sebagai puncak perayaan Imlek 2569/2018 (Cap Go Meh). yang di pimpin oleh Toshu Mingsan. Kamis (01/03/2018)

Mengarak 9 patung Dewa dan Dewi (Toapekong) menyusuri jalanan utama di Kota Tegal.Menggunakan 9 buah tandu diantaranya 7 buah dari Klenteng Tek Hay Kiong Tegal, 1 buah dari Klenteng Hok Tek Tjeng Sin Losari Brebes dan 1 buah dari Klenteng An Tjeng Bio Indramayu diarak dan dibawa menuju Pelabuhan Tegal dari Klenteng Tel Hay Kiong Jl. Gurame Kel. Tegalsari Kec. Tegal Barat Kota Tegal melalui Jl. Veteran – Jl. Proklamasi – Jl. Yos Sudarso – Jl. RE. Martadinata – Pelabuhan Tegal. Saat itu juga, nampak ratusan umat Tionghoa pun mulai mengungkapkan rasa gembiranya dengan membakar hu (jimat) dan dupa disepanjang arak-arakan.

Sementara itu setibanya di Pelabuhan Tegal kesembilan Kongcho tersebut menjalani ritual pemandian dan do’a dipimpin oleh Toshu Mingsan diikuti seluruh peserta atau umat Tionghoa.

Ketua Yayasan Tri Dharma Kota Tegal Lie Ke Cung. mengatakan, jika prosesi gotong toapekong merupakan acara puncak dari penutupan cap go meh          hjjsj.”Ritual ini dengan melakukan para dewa-dewi yang berada di klenteng sengaja diarak keliling kota untuk memberikan keberkahan,” ujarnya.(Soleh/Kbk)