Ranyan Terpilih Jadi Ketua Pokdariwis Pantai Muararareja Indah

Kabarberitaku.com, ( Tegal )- Pemilihan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Muara Indah Kelurahan Muarareja Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal periode 2018 – 2021 di depan Sekretariat pokdarwis Muara Indah berjalan secara demokrasi dan aman.

Adapun calon ketua Pokdarwis Muara Indah Kelurahan Muarareja Kecamatan Tegal Barat meliputi Ranyan, Kusyono, Suharjo, Sartono yang sebelumnya menjalani beberapa proses sebelum menjadi calon ketua pokdarwis Muara Indah. Senin (26/3/2018).

Dalam pelaksaan pencoblosan panitia memberikan hak pilih kepada 148 pemilih yang terdiri dari pemilik warung di Pantai Muarareja, pengurus dan petugas pintu. Pencoblosan yang berlangsung dari pukul 08.00 hingga pukul 12.00 dapat menghadirkan 131 orang yang hadir menggunakan hak suaranaya serta ada sekitar 17 pemilih yang tidak hadir. Panitia menyediakan sebanyak 148 surat suara, 3 cadangan surat suara.

Surat suara Pilpokdarwis 2018.

 

Dari hasil perhitungan langsung mendapati suara terbanyak diperoleh Ranyan sebanyak 54 suara, Sartono 23 suara, Kusyono 16 suara dan Suharjo 10 suara. Dengan demikian suara terbanyak secara langsung menjadi ketua Pokdarwis Muara Indah untuk periode 2018 – 2021 adalah Ranyan.

Pjs. Ketua Pokdarwis Muara Indah sekaligus penasehat Tambari Gustam menyampaikan bahwa model pemilihan ketua pokdarwis Muara Indah menggunakan sistem demokrasi. ”Kami mengemas dengan pola demokrasi, ini sebagai pemanasan untuk Muarareja dengan cara pemilihan langsung. Serta merupakan tujuan pembelajaran politik bagi masyarakat agar makin cerdas dengan demokrasi.” ujar Tambari.

Tambari juga menambahkan dalam pelaksanaan pemilihan ketua Pokdarwis tersebut sudah melewati beberapa tahapan baik tahap pendaftaran, sosialisasi, pengundian nomor, pemilihan atau pencoblosan dan diakhiri dengan perhitungan dari hasil coblosan.

Lurah Muarareja Zaenal A mengajak untuk bersama membangun Muarareja melalui pariwisata tidak ada. “Ayo bersama membangun Muarareja yang kita cintai, ini bukti dengan adanya pariwisata tingkat ekonomi masyarakat Muarareja sudah makin membaik.” tandasnya.

Sedangkan Camat Tegal Barat Sri Widiyati dalam kesempatannya mengapresiasi kegiatan pemilihan ketua pokdarwis dengan metode demokrasi. “Hari ini luar biasa karena ada pemungkutan suara dengan demokrasi. Ini proses demokrasi yang benar-benar memiliki mutu yang baik. Siapapun yang terpilih dapat mengemban amanah ini”. ujarnya.( Jalyani Iqbal/Kbk)