Pedagang Asongan Terminal Tegal Ikuti Kartini Award

0
122

Kabarberitaku.com, ( Tegal )- Memperingati hari Kartini, TBM Sakila Kerti mengadakan Kartini Award ke 2 di sekretariat TBM Sakila Kerti, komplek Terminal Kota Tegal, Minggu (22/4) pagi.

Dalam lomba tersebut, para peserta yang merupakan pedagang asongan di Terminal tersebut menampilkan lomba baca puisi, bercerita dan busana tua ceria. Para pedagang asonganpun dirias mengenakan kebaya sehingga mereka tampil lebih anggun.

Pegiat TBM Sakila Kerti Doktor Yusqon mengatakan kegiatan tersebut untuk memperingati hari Kartini. Beberapa waktu lalu, RA. Kartini telah dinobatkan sebagai Ibu Literasi Nasional. Oleh karena itu, kita merupakan bagian dari pergerakan literasi nasional.

“Kita disini tidak ada perbedaan. Sesuatu yang indah bersama adalah kebersamaan. Kami merasa bahagia menjadi bagian semua”, kata Doktor Yusqon.

Bunda Baca Kota Tegal Endang Nursoleh sangat mengapresiasi kegiatan Kartini Award ke 2. Hal ini sangat luar biasa dan sebuah kemajuan para pedagang asongan. Mereka dapat bercerita dan menyampaikan gagasannya.

“Mudah-mudahan para wanita/Ibu di Kota Tegal bisa bermanfaat untuk keluarga, masyarakat dan bangsa”, ujar Endang, sosok yang juga ketua PKK Kota Tegal.

Kepala Disdikbud melalui Kabid Pendidikan Non Formal Nuril Syamsiyah mengungkapkan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal selaku pembina TBM/PKBM bangga pada TBM Sakila Kerti yang sudah mencetak masyarakat, yang tadinya tidak bisa baca tulis akhirnya bisa.

“Terima kasih kepada Pak Yusqon yang telah sabar, telaten membina mereka (Para pedagang-red), juga kepada Polres Tegal Kota dan stakeholder lain yang turut serta mengembangkan sekolah terminal”, ungkap Nuril.

Sementara itu, sebagai dewan juri kegiatan tersebut Bunda Baca Kota Tegal Endang Nursoleh, Kepala Bidang Pendidikan Non Formal Disdikbud Kota Tegal Nuril Syamsiyah mewakili Kepala Disdikbud, Bayangkari Kota Tegal Ipda Mien Sukadana mewakili Ketua Bayangkari Kota Tegal dan Ismiati, M.Pd pendidik SMP Negeri 1 Kota Tegal. (Soleh/Amin.HMS/Kbk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here