Cak Imin Ziarahi Makam Ki Enthus Susmono

0
378

Kabarberitaku.com, ( Slawi ) – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Muhaimin Iskandar atau yang akrab dipanggil Cak Imin hari Kamis (31/5/2018) malam,  berziarah ke makam Ki Enthus Susmono, mantan Bupati Tegal periode 2014-2019 di Sanggar Satria Laras Desa Bengle Kecamatan Talang. Cak Imin yang datang bersama Anggota Komisi III DPR RI Bachrudin Nasori diterima keluarga besar Ki Enthus Susmono.

Tampak ibu Nurlela Enthus Susmono dan putra kedua almarhum, Firman Haryo menyambut penuh hangat kedatangan orang nomor satu di Partai Kebangkitan Bangsa itu. Sebelum acara tahlil, lewat sambutannya Cak Imin menyampaikan rasa duka yang mendalam atas kepergian almarhum yang dikenalnya amat sangat dekat. “Ki Enthus adalah pejuang NU sejati yang mengabdikan hidupnya untuk rakyat nusantara. Tidak hanya berbuat baik tapi juga membuat baik semuanya melalui media seni budaya, Nahdlatul Ulama hingga politik lewat kepemimpinannya sebagai Bupati Tegal”, katanya.

Kedekatan almarhum dengan para pejuang NU mulai dari Gus Dur hingga struktural menunjukkan bahwa Ki Enthus sangat dekat dengan denyut nadi perjuangan NU. Oleh karenanya, Cak Imin berharap, ada generasi Ki Enthus yang bisa meneruskan amal perjuangannya mengabdi di masyarakat.

“Almarhum tidak saja ahli shodaqoh atau jariyah tapi juga gemar berbagi ilmu”, kenangnya. Salah satu hadiah terhebat yang almarhum berikan kepadanya adalah Al-Qur’an kuno yang masih terus disimpannya.

Sebelumnya, Firman Haryo, anak kedua almarhum Ki Enthus Susmono mengapresiasi kedatangan Cak Imin. Dan atas nama keluarga, Haryo sampaikan permohonan maaf semua kesalahan almarhum semasa hidupnya, baik yang disengaja maupun tidak. Agenda ziarah diakhiri dengan tabur bunga oleh Cak Imin di pusara makam Ki Enthus Susmono.(Jaylani/KBk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here