1.201.502 Lembar Surat Suara Untuk Pilbup Tegal Dilipat 200 Tenaga Kerja

0
342
para tenaga kerja pelipat surat suara Pilbup Tegal Tahun 2018 serius mengerjakan pelipatan surat suara.(Foto:Makmur/Kbk)
Anggota KPU Kabupaten Tegal, divisi logistik, Nurohman, S.Ag

Kabarberitaku.com, ( Slawi )- Pelipatan surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pilkada 2018 , Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Tegal mengerahkan 200 tenaga kerja. Pelipatan surat suara Pilbup, dilakukan sejak Rabu hingga Jumat ( 06-08/6/2018). Demikian dikatakan anggota KPU Kabupaten Tegal, divisi logistik, Nurohman, S.Ag. Jumat ( 08/06/2018).

Menurutnya pelipatan sendiri dilakukan di halaman KPU Kabupaten Tegal di Jalan Ade Irma, Kecamatan Slawi.Jumlah surat suara berjumlah 1.201.502 lembar, untuk pemilihan bupati Tegal. Ia menambahkan, pihaknya juga menyampaikan arahan dan tata tertib pelipatan. Mereka yang melipat dilarang membawa handphone (HP) pada saat bertugas. “Pelarangan ini diterapkan agar petugas pelipatan bekerja dengan tekun dan teliti,” kata Nurohman.

Nurohman menjelaskna , petugas dilarang membawa tas, memotret situasi pelipatan, dan membawa pulang surat suara baik yang rusak maupun tidak. Menurutnya, petugas tidak hanya bertugas melipat saja. Mereka juga bertugas untuk menyortir jika ada surat suara yang rusak. Kriteria surat suara rusak, kata dia, adalah jika terdapat kesalahan potong, keliru warna, gambarnya buram dan kerusakan pada kertas surat suara. “Jika ada yang mendapati surat suara yang rusak, serahkan saja ke panitia,” tegasnya.

Kegiatan pelipatan dimulai dengan membuka plastik surat suara, melihat dan menyortir kemudian melipatnya sesuai dengan ketentuan. Pelipatan surat suara juga harus dilakukan satu persatu. ” Pelipatan juga diawasi sejumlah personil dari kepolisian baik yang berseragam atau tidak, dan dibantu pihak keamanan dari KPU,”jelasnya.

Murohman mengungkapkan,Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera mendistribusikan logistik Pemilihan Bupati ke ribuan tempat pemungutan suara (TPS). Pendistribusian akan dimulai pada 18 Juni mendatang dan diharapkan sampai di TPS pada H-1 pencoblosan.Suryo Baruno mengemukakan, saat ini pihaknya masih mengepaki logistik pemilu. Pengepakan dilakukan setelah pelipatan dan penyortiran surat suara.”Jadi setelah surat suara disortir dan dilipat, kita juga cek dan alat kelengkapan TPS, karena ada logistik bantal juga dari kami. Kemudian kita jadikan satu dan kita kelompokkan menjadi logistik per TPS,”pungkasnya.(Makmur/Kbk)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here