Diduga Lakukan Pungli Program PTSL, Kades Dawuhan Kecamatan Talang Dilaporkan ke Polisi

0
249

Kabarberitaku.com, ( Slawi )- Dugaan kasus pungutan liar dalam Program Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL) Desa Dawuhan Kecamatan Talang Kabupaten Tegal dalam proses penyelidikan Polres Tegal. Hal itu dibenarkan oleh kepala Satuan Reskrim Polres Tegal AKP Bambang Purnomo SH.

Menurutnya, adanya dugaan pungutan liar dalam program PTSL Desa Dawuhan bermula dari pengaduan masyarakat tentang adanya pungutan uang pologoro untuk kepala desa dalam porgram PTSL. Sementara pungutan tersebut tidak ada dalam peraturan desa setempat.” Pungutan tersebut berfariatif, namun yang diadukan sebesar Rp 200 ribu. Karena tidak ada Perdesnya, maka penarikan uang/ pungutan pologoro masuk ranah pungli. kami sudah memanggil kades Dawuhan dan dan memprosesnya. Proses hukumnya sudah sampai tahap penyidikan . Segera setelah berkasnya lengkap akan di kirim ke kejaksaan untuk ditindaklanjuti,”jelasnya.

Sementara dikatakan Bambang, belum adanya tersangka dalam kasus dugaan pungli PTSL desa Dawuhan karena proses penyidikan belum selesai.” Belum bisa memberikan status pada kades tersebut sehubungan prosesnya sidik belum selesai dan masih berjalan, ” paparnya

Terpisah kepala Desa Dawuhan Patoni, mengungkapkan bahwa dirinya dan panitia PTSL sudah mengetahui jika program PTSL di desa dilaporkan oleh warganya ke aparat penegak hukum.” Iya benar memang sudah ditangani oleh Polres, namun uang tersebut sudah kami kembalikan ke semua peserta pembuatan sertifikat tanah melalui program PTSL.Dan saya tegaskan sudah ada Perdesnya,tapi saya dianggap telah melakukan pungli, ” pungkasnya.(Jaylani /Kbk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here