DPU PR Kota Tegal Gelar Sosialisasi Proyek Perubahan

0
113

Kabarberitaku.com, ( Slawi )- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tegal menggelar sosialisasi Proyek Perubahan, Kamis (26/7) di ruang rapat kantor DPU PR, Jalan Proklamasi Tegal. Proper tersebut mengusung konsep Validasi Data Base Jalan Jembatan Berbasis Sistem Informasi Geografi Mewujudkan Program Tegal Smart City.

Proper tersebut dibuat oleh Kabid Bina Marga pada DPU PR Kota Tegal, Setia Budi, ST.

Setia Budi mengatakan, berdasarkan data DPU PR, di Kota Tegal terdapat 533 ruas jalan dengan panjang 231 KM. Nantinya, data tersebut akan di validasi menggunakan Sistem Informasi Geografi sehingga dapat menghasilkan data yang valid. “Saat ini, 50 persen data sudah divalidasi”, ungkap Setia Budi.

Kepala DPU PR Kota Tegal, Sugiyanto mengatakan proper tersebut sudah sesuai dengan tugas pokok dan fungsi, selaku Bidang Bina Marga DPU PR Kota Tegal.

“Sebagai pimpinan sangat mendukung apa yang diambil Pak Budi. Sebab apabila dapat terwujud dapat mendukung program kerja Bidang Bina Marga”, ujar Sugiyanto.

Sugiyanto berharap, masyarakat Kota Tegal, yang membutuhkan data, tidak perlu datang ke Tegal. Itu dapat diakses dimana saja. Selain itu, membantu tugas DPU PR kaitannya dengan inventarisasi aset.

Sementara itu, Sriyana selaku narasumber mengungkapkan, smart city merupakan suatu konsep pengembangan dan pengolahan kota atau wilayah dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memonitor dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada, seperti sumber daya alam, manusia, sumber daya pemerintahan.

“Smart city menjadikan kinerja yang lebih efektif dan efisien untuk memaksimalkan tata kelola dan pelayanan kepada warga masyarakat dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan”, pungkas Sriyana.(Makmur/Adv/Kbk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here