Revitalisasi Aset-Aset TNI-AL, Komandan Lanal Tegal Tinjau Monumen ALRI Kalibakung

0
179

Kabarberitaku.com, ( Tegal )- Komandan Pangkalan TNI-AL (Lanal Kelas C) Tegal, Lantamal V Letkol Laut (P) Agus Haryanto S.E., M.Tr.Hanla., melaksanakan peninjauan Monumen ALRI yang sedang dibersihkan dan dirawat secara rutin oleh sejumlah Prajurit Lanal dipimpin oleh Dansatma Letda Laut (T) Dwi Atmodjo di Jl. Raya Guci Ds. Kalibakung Kec. Balapulang Kab.Tegal.Jumat,(29/06/2018).

Dalam keterangannya Letkol Agus Haryanto sapaan akrab Danlanal menyampaikan “Selain sudah menjadi agenda rutin Lanal Tegal untuk senantiasa melaksanakan Harwat (Pemeliharaan dan Perawatan), Melalui program revitalisasi aset TNI-AL jangka pendek ke depan di Monumen ALRI Kalibakung akan dilaksanakan pemugaran, di area tersebut rencana kami kembangkan juga Bumi Perkemahan, Training Centre, Sanggar Saka Bahari dan sarana sarana lain yang mendukung pemberdayaan wilayah pertahanan laut sehingga secara optimal memberikan manfaat di kalangan masyarakat luas, semakin dikenalnya nilai historis di tempat tersebut, bahwa dulunya pernah menjadi saksi bisu sejarah Perjuangan CA (Corp Armada) IV ALRI melawan agresi militer Belanda yang sekarang menjadi LANAL Tegal. Di lokasi ini juga dulunya pernah dijadikan Sekolah Opsir/Perwira ALRI cikal bakal AAL (Akademi Angkatan Laut) yang saat ini berada di Surabaya” Ujarnya.

“Secara geografis di daerah tersebut sangat mendukung dan strategis untuk dijadikan Bumi Perkemahan dan kegiatan outbound/outdoor lainnya. Selain kemudahan akses jalan raya, berada di samping sungai yang bersih berbatu, suasananya juga masih sangat asri, alami dan udaranya juga yang masih sangat sejuk ada juga tempat wisata tanaman jamu tradisional dan laboratnya” tukas Alumni AAL Tahun 1999 ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here