Mantapkan Karakter Generasi Bangsa Melalui S3T Oleh Koramil Jajaran Kodim 0824

0
23

Kabarberitaku.com, ( Jember ) –  Kegiatan Satu Sekolah Satu TNI (S3T) sebagai program kegiatan inisiasi Pemerintah Kabupaten Jember bekerja sama dengan Kodim 0824, menjadikan tambahan kegiatan bagi Koramil jajaran Kodim 0824 Jember untuk menjadi pelaksana pemateri pada program tersebut.

Pelaksanaan Program S3T tersebut agar tidak mengganggu jam-jam mata pelajaran sesuai kurikulum sekolah dilaksanakan pada hari Jum’at, Sabtu dan Minggu dengan memberikan materi-materi Peraturan Baris Berbaris (PBB), Wawasan Kebangsaan, Bela Negara dan Cinta Tanah Air dengan mengajak siswa-siswi untuk lebih mencintai serta mengkonsumsi produk lokal, serta game-game yang mengajarkan pentingnya azas kebersamaan, persatuan dan kesatuan.

Program  S3T tersebut diberikan kepada siswa-siswi tingkat SMP atau SMA/SMK dan yang sederajat diseluruh wilayah diKabupaten Jember, dengan Koramil setempat sebagai tenaga pematerinya.

Menurut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar dalam wawancaranya pada Minggu 05/08/2018 Pukul 11.00 Wib menegaskan bahwa Program S3T tersebut sangat strategis dalam membentuk karakter dan menambah wawasan generasi bangsa sebagai kader-kader pemimpin masa depan.

Korelasinya dengan tugas pokok Kodim sendiri bahkan dengan tugas pokok TNI sangat kental sekali yaitu mememantapkan karakter generasi bangsa yaitu pelajar sebagai bagian dari sumberdaya manusia serta sebagai pemegang tongkat estafet kepemimpinan bangsa dimasa mendatang sehingga materi-materi yang diberikan semakin memantapkan karakter dan kualitas generasi muda yang menentukan kelangsungan hidup Bangsa Indonesia dimasa mendatang.

Dengan demikian selaras dengan amanat UUD 1945 pasal 30 ayat 1 “Bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara” dan ayat 2 yang berbunyi “ Untuk pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia, sebagai kekuatan utama, rakyat sebagai kekuatan pendukung.

Sehingga Program S3T tersebut selaras dengan tuntutan kebutuhan sesuai yang diamanatkan pada UUD 1945 ayat 30 tersebut yaitu dalam rangka mempersiapkan generasi bangsa yang berkualitas, berkarakter memiliki kemantapan bela negara, rasa cinta tanah air dan wawasan kebangsaan demi keutuhan, keaulatan dan kejayaan NKRI. Tegas Letkol Inf Arif Munawar.

Pada Minggu 05/08/2018 ini sekolah-sekolah yang mendapatkan program S3T diantarannya :  SMAN 1 Jember diikuti 210 Siswa pemateri 6 orang dari Ramil 0824/11 Sumbersari, SMA Almiftah Ds. Jatiroto dan MA Nurulmukmin ds. Kaliglagah Kec Sumberbaru diikuti 206 siswa pemateri 4 orang ramil 0824/17 Sumberbaru, SMK Muhammadiah 02 Paleran Kec Umbulsari pemateri 5 orang dari Ramil 0824/19 Umbulsari.

Kemudian SMK Atranawa Ds Sumberejo Ambulu diikuti 100 siswa dengan pemateri 2 orang dari Koramil 0824/24 Ambulu dan lain-lain yang kesemuanya diberikan materi sesuai dengan petunjuk pelaksanaan yang sudah disepakati antara Kodim 0824 dan Pemkab Jember. (sis24/ich)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here