Puluhan Wartawan Di Tegal Ikuti UKW

Kabarberitaku.com, ( Tegal )– Sebanyak 21 peserta baik dari tingkat muda, madya dan utama ikut serta untuk mengikuti kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan Jumat ( 10/082018) . Pelaksanaan UKW tersebut yang digelar oleh Humas dan Protokol Pemerintah Kota Tegal bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tegal, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi wartawan.

” Sedikitnya 21 wartawan yang bertugas di area kerja Kota Tegal dan sekitarnya mengikuti kegiatan Media Gathering dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Bagian Humas Dan Protokol Setda Kota Tegal bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tegal dan Jawa Tengah.” kata Kepala Bagian Humas Dan Protokol Setda Kota Tegal Dra. Hendiati Bintang Takarini

Menurut perempuan yang akrab disapa Bu Bintang ini mengatakan, tujuan adanya UKW adalah untuk meningkatkan kompetensi sekaligus professionalitas wartawan. Selain itu, dengan mengikuti UKW wartawan akan memiliki sertifikat UKW. “Adanya sertifikat akan membawa manfaat bagi wartawan maupun dari narasumber, karena narasumber semakin mantap ketika di wawacara wartawan yang kompeten,” ucapnya.

Sementara dalam kesempataan yang sama Plt. Walikota Tegal Drs.HM Nursholeh M. MPd yang turut hadir sekaligus membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan Uji Kompetensi Wartawan dilakukan guna menjaring para pewarta di Kota Tegal yang profesional dan kompeten. Dirinya berharap output yang dihasilkan dari kegiatan tersebut membawa dampak positif bagi peningkatan kompetensi wartawan, terutama bagi peningkatan standar pemberitaan.

“Saya yakin dari event ini akan terlahir wartawan yang teruji dan disiplin serta patuh kode etika dan uu pers”,ucapnya. Namun selain memberikan dukungan dan apresiasi, dalam kesempatan tersebut Nursholeh menyayangkan kepada wartawan yang belum mengikuti kegiatan tersebut. “Sayang sekali dari 60 wartawan yang terdata hanya 21 orang yang ikut. Padahal adanya UKW harusnya justru harusnya di apresiasi karena ini untuk kepentingan wartawan”, imbuh Nursholeh.
Menurutnya, dengan mengikuti kegiatan tersebut wartawan dapat memiliki sertifikat sekaligus memiliki kepastian hukum jika terjadi permasalahan dilapangan.(Makmur/Soleh/KBK)