Kampanye Diluar Jadwal, Caleg Terancam Pidana 1 Tahun Penjara

0
328

Kabarberitaku.com, ( Slawi )- Komisoner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tegal, Sri Anjarwati,M.Kom, mengingatkan kepada para calon anggota legistaif (Caleg) peserta pemilu 2019 yang melakukan kampanye di luar jadwal yang ditentukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) terancam pidana Pemilu dengan ancaman kurungan 1 tahun penjara.

“Pada Pasal 492 Undang-undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu menyatakan, setiap orang yang dengan sengaja berkampanye di luar jadwal yang ditetapkan KPU untuk setiap peserta pemilu sebagaimana dimaksud Pasal 276 Ayat 2 UU Pemilu dipidana maksimal 1 tahun penjara dan denda maksimal Rp 12 juta,” ujar Anjar.

Anjarwati menambahkan, masa kampanye dimulai tiga hari pasca penetapan daftar caleg tetap (DCT). Sedangkan penetapan DCT,sesuai jadwal akan dilakukan oleh KPU pada 20 September mendatang.“Bilamana DCT tersebut sudah ditetapkan, maka tiga hari setelah itu, baru calon anggota legislatif boleh melakukan kampanye, tepatnya pada 23 September 2018”, ujarnya.(Makmur/Kbk)  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here