Kota Tegal Raih “Anugerah Aksara” dari Kemendikbud

0
144

Kabarberitaku.com, ( Tegal )- Pemerintah Kota Tegal dianugerahi penghargaan “Anugerah Aksara” dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia atas usahanya dalam mengentaskan buta huruf pada puncak peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke-53 yang dilaksanakan di kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, Sabtu (8/9/2018).

Anugerah aksara diberikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dan diterima oleh Plt. Wali Kota Tegal, M. Nursholeh.

Dalam kesempatan tersebut, Mendikbud Muhadjir Effendi menyampaikan bahwa penghargaan tersebut merupakan apresiasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kepada empat kabupaten/kota yang telah berhasil dalam penuntasan buta huruf.

Empat kabupaten/kota tersebut adalah kabupaten Deli Serdang dari provinsi Sumatra Utara, kabupaten Pasuruan dari Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Bogor dari provinsi Jawa Barat dan kota Tegal dari Provinsi Jawa Tengah.

Muhadjir menuturkan bahwa dalam sepuluh tahun terakhir, Indonesia patut bersyukur, karena berhasil meningkatkan keaksaraan masyarakat secara signifikan. Ia menyampaikan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia telah membuktikan keberhasilannya dengan mencapai prestasi melebihi Target Pendidikan Untuk Semua (PUS) yang dideklarasikan di Dakar.

Oleh sebab itu, Ia merasa Pemerintah Pusat patut memberikan penghargaan kepada daerah-daerah yang telah berhasil menurunkan angka buta huruf secara signifikan di daerahnya.

Mendikbud menyampaikan, sampai saat ini tercatat terdapat 11 provinsi yang presentase buta aksaranya masih diatas rata-rata nasional, yakni 2,07 persen, dalam kesempatan tersebut Muhadjir juga mengingatkan bahwa tugas untuk mengentaskan bangsa ini dari kebutaaksaraan bukan hanya merupakan tanggung jawab pemerintah, melainkan seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Menurutnya dengan terbebasnya bangsa ini dari buta aksara, maka kualitas sumber daya manusaia tentunya akan semakin meningkat.

Sementara itu Plt. Wali Kota Tegal, M Nursholeh sesaat setelah menerima penghargaan menyampaikan bahwa pihaknya merasa bersyukur bahwa Kota Tegal mendapat penghargaan Anugerah Aksara dari Kemendikbud, Nursholeh menyampaikan bahwa ini merupakan bukti tanggung jawab dan konsistensi pemerintah Kota Tegal dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Sehingga buta aksara yang ada di Kota Tegal akan dapat dientaskan.

Nursholeh menyampaikan akan selalu mendukung program pengentasan buta aksara, selaku Kepala Daerah yang memiliki kebijakan dan penggunaan anggaran Ia akan lebih mendorong upaya-upaya pemberantasan buta aksara di Kota Tegal.

Selain menerima penghargaan Anugerah Aksara, kota Tegal juga mendapat bantuan dari Kemendikbud yang diserahkan kepada Dr. Yuskon selaku pendiri TBM Sakila Sekti yaitu berupa bantuan operasional motor bersama satu TBM yang mendapatkan Mobil, dua SKB memperoleh mobil dan enam SKB yang akan mendapatkan motor lain se-Indonesia.

Yuskon berharap setelah Pemkot meraih penghargaan, bisa bersama-sama merubah pandangan masyarakat bahwa TBM tidak hanya tempat membaca. Namun lebih dari itu, bisa melayani masyarakat. Seperti TBM Sakila Kerti yang selama ini melayani warga Terminal Kota Tegal.Dan bantuan motor dari Kemendikbud tersebut bisa menunjang TBM untuk berkeliling kawasan terminal untuk membawa buku untuk pembaca,” terang Dr Yusqon.(Makmur/Adv/Kbk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here