KPU Kabupaten Tegal Tegaskan, Caleg sudah Ditetapkan Dalam DCT Tidak Bisa Diganti

KabarBeritaku.com, ( Slawi )- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal mempertegas bahwa calon legislatif (caleg) yang berada dalam daftar calon sementara (DCS) masih dapat diganti oleh partai politik yang menaunginya.Namun, jika caleg tersebut telah masuk ke dalam daftar calon tetap (DCT), maka, partai tidak lagi diperkenankan untuk melakukan penggantian. Sesuai yang diamanatkan dalam aturan pemilu legislatif sebelumnya.

“Kalau caleg, kalau masih daftar calon sementara (DCS) bisa diganti oleh partai, tapi kalau sudah sampai penetapan daftar calon tetap (DCT), namanya calon tetap itu tidak bisa diganti lagi,” ucap Divisi Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara, Drh. Sokhidin, Jumat (21/092018)

 

Bahkan jika calon legislatif tersebut tersandung masalah hukum pada satu hari sebelum waktu penetapan DCT, kata Sokhidin, partai politik tetap tidak bisa melakukan penggantian caleg bermasalah.”Itu tidak bisa diganti, tapi daftar namanya atau kolom namanya dikosongin, karena kalau digeser naik, itu bisa mengubah komposisi keterwakilan perempuan, karena kuota perempuan kan (minimal) 20 persen keterwakilannya, kemudian dari 3 calon kan minimal ada 1 perempuan,” katanya.

Selain berpotensi mengubah komposisi keterwakilan perempuan, Sokhidin menuturkan, pergantian tidak dilakukan karena prosesnya membutuhkan waktu yang panjang. “Kalau diganti, ngasih dokumen lagi, diteliti lagi, panjang lagi. Jadi tidak bisa diganti, hanya dikosongkan,” tuturnya.(Makmur/KBk)