Laksanakan Apel 3 Pilar, Polda Jateng Kerahkan 21 Ribu Personil Amankan Pemilu 2019

KabarBeritaku.com, ( Slawi )– Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, mengatakan sebanyak 21.800 ribu personel dipersiapkan Kepolisian Daerah (Polda) Jateng untuk mengamankan situasi Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif 2019. Tak hanya anggota Polisi, bantuan dari TNI dan Linmas juga dikerahkan.

“21.000 personel lebih dilibatkan dalam pengamanan Pemilu 2019, dan dari personel TNI dari Komando Daerah Militer IV/Diponegoro, 9 batalion ,” kata Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, usai usai apel 3 pilar sekaligus deklarasi netralitas Polri, TNI dan Kades yang digelar di Gedung STIKES Bhamada Slawi Kabupaten Brebes, Selasa ( 25/09/2018).

Condro Kirono menginstruksikan kepada semua Babinsa, Babhinkamtibmas untuk mendukung program desa.”Kesejahteraan bisa tercapai apabila keamanan bisa terjaga. Apabila ada konflik kecil, sesegera mungkin 3 pilar harus turun dan tanggap agar tidak meluas kemana – mana, oleh karena itu bahwa tiga pilar merupakan penopang untuk mensejahterakan masyarakat. Maka dari itu semua diminta mengantisipasi potensi konflik selama tahapan pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (piplres) 2019.” katanya

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, berpose bersama sejumlah kepala desa dan Lurah di Tegal.(Foto:Jaylani Iqbal/
Kabarberitaku.com)

Kapolda yang memimpin langsung apel 3 pilar, yang dihadiri oleh Bhabinkamtibmas, Babinsa, lurah, dan kades, apel juga diikuti jajaran Kapolsek, Danramil, dan camat di wilayah Kabupaten dan Kota Tegal.Menghimbau bhabinkamtibmas, Babinsa, lurah, dan kades harus menjaga netralitas. Kapolda menjelaskan, wilayah-wilayah rawan konflik sudah dipetakan dengan melihat jumlah penduduk, kondisi geografis, dan potensi konflik pada pemilu sebelumnya.” Kami sudah mengantisipasi dan memetakan wilayah konflik juga wilayah yang tidak rawan konflik, oleh karena itu Bhabinkamtibmas, Babinsa, lurah, dan kades bisa mengambil langkah preventif untuk mencegah terjadinya konflik di wilayah-wilayah yang sudah dipetakan tersebut, termasuk di wilayah yang tidak tergolong rawan,”paparnya.

Upaya jajarannya dalam melakukan upaya preventif, lanjut Condro, dengan mengedepankan kampanye-kampanye damai,”ucap Condro.

 

Sementara itu, Kasdam IV/Diponegoro Brigjen (TNI) Bekti Agus Fajari mengataan, tiga pilar harus berkomitmen untuk membuat aman, tentram dan sejahtera bagi masyarakat. “Sesuai dengan artinya, unsur 3 pilar harus solid. Semua masalah awalnya dari bawah. Mereka harus profesional dan menjaga integritas masing-masing,” ucap Bekti Agus Fajari.

 

Pantuan kabarberitaku.com, selain apel 3 pilar, dilaksanakan pula kegiatan Deklarasi Pemilu Damai dan Ikrar Komitmen Netralitas dalam Pileg dan Pilpres oleh partai politik dan penyelenggara pemilu. Seiring dengan dimulai tahapan kampanye pemilu 2019 Pilpres dan pemilu legislatif. Polda Jateng juga membentuk Satgas Antiblack Campaign untuk menindak tegas para pihak bilamana melakukan kampanye yang mengandung ujaran kebencian dan SARA.(Jaylani Iqbal/KBk)