Komisi IV DPRD Kabupaten Purwakarta Belajar Pemanfaatan Dana JKN di Kabupaten Tegal

0
24

KabarBeritaku.com, ( Slawi )- Sebanyak delapan orang anggota DPRD Kabupaten Purwakarta dari komisi IV , melakukan kunjungan kerja ke pemerintah kabupaten Tegal, untuk belajar dan mengetahui pemanfaatan dana kapitasi JKN yang terdapat di Kabupaten Tegal.

Rombongan komisi IV DPRD Kabupaten Purwakarta dipimpin wakil ketua komisi IV , Komarudin Nur, Senin (8/10/18), kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, dr Hendardi Setiaji, menerima rombongan wakil rakyat dari kabupaten Purwakarta di Ruang Rapat Bhagawat Gita Setda Kab. Tegal.

Sebagaimana yang diatur dalam Perpres No. 32 Tahun 2014 tentang pengelolaan dan pemanfaatan dana kapitasi JKN puskesmas. Kepala Dinas Kesehatan, Hendadi Setiadi mengatakan bahwa pemanfaatan dana kapitasi JKN di Kabupaten Tegal terbagi menjadi dua, yaitu 60% untuk jasa pelayanan sedangkan 40% untuk operasional. “Jasa pelayanan di puskesmas di tetapkan sekurang-kurangnya 60% dari total yang diterima dan sisanya untuk operasional pelayanan kesehatan lainnya. Dengan mempertimbangkan kebutuhan obat-obatan, alat kesehatan, dan bahan medis habis pakai serta kegiatan operasional pelayanan kesehatan lainnya,” imbuhnya.

Selaras dengan dikeluarkannya peraturan Menteri Kesehatan No. 19 Tahun 2014, tentang penggunaan dana kapitasi JKN untuk jasa pelayanan kesehatan dan dukungan biaya operasional pada puskesmas. Telah merubah sistem pengelolaan seluruh puskesmas di Kabupten Tegal menjadi BLUD (Badan Layanan Umum Daerah).
Dengan BLUD, menurut Hendadi, puskesmas akan meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat dan lebih berkembang karena menggunakan dana sesuai dengan kebutuhan yang tidak bergantung dari dinas kesehatan. “Maka diharapkan seluruh puskesmas dapat merencanakan pendapatan dan pengeluaran secara efisien, transparan dan akuntabel” terang Hendadi.

Sementara wakil ketua KOmisi IV DPRD Purwakarta KOmarudin Nur, mengatakan, kunjungan kerja ke kabupaten Tegal dalam rangka untuk mempelajari informasi pemanfaatan dana kapitasi JKN yang terdapat di Kabupaten Tegal, selain itu juga sebagai ajang tali silahturahmi.(Makmur/KBk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here