Dilantik Jadi Bupati Tegal, Umi Siap Lanjutkan Perjuangan Enthus Susmono

  • Whatsapp

Kabarberitaku.com, ( Slawi )- Umi Azizah secara resmi menjabat sebagai Bupati Tegal, melalui Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.33-7765 Tahun 2018.
Melalui Surat Keputusan Menteri ini, Umi menjadi Bupati Tegal Sisa Masa Jabatan Tahun 2014-2019 terhitung sejak tanggal pelantikan sampai Akhir Masa Jabatan Tahun 2014-2019. Hal itu dikarenakan sang Bupati, Enthus Susmono, berhalangan tetap atau meninggal dunia pada tanggal 14 Mei 2018 lalu.
Prosesi pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Wakil Bupati menjadi Bupati Tegal berlangsung di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Senin (5/11/18) pagi.
Lewat sambutannya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menitip pesan kepada Umi untuk melanjutkan perjuangan Enthus Susmono. “Meski tinggal dua bulan sisa masa jabatan 2014-2019 ini , saya harap semangat kerja tidak kendor,” ucapnya.
Menurut Ganjar, selama menjabat sebagai Bupati, Enthus Susmono banyak menggunakan pendekatan kebudayaan dalam menata pemerintahan.
“Hal ini menarik, nilai-nilai ini harus diteruskan dengan ditambah tata kelola pemerintahan yang baik. Agar bisa lebih kencang lagi dalam memajukan daerah,” ujar Ganjar.
Dengan dilantiknya Umi Azizah sebagai Bupati Tegal pengganti Enthus Susmono. Ganjar berharap, hal ini bisa menjadi pelajaran bahkan kesempatan untuk menata pemerintahan pada periode selanjutnya. “Ini adalah kesempatan baik untuk menata Kabupaten Tegal, seperti penataan ABPD, menyiapkan struktur organisasi yang baik, menyiapkan sdm yang baik. Ini bisa menjadi bekal untuk menyiapkan pemerintahan selanjutnya sesuai hasil Pilkada lalu,” tuturnya.
Sementara itu, ditemui diakhir pelantikan, Umi mengaku siap melanjutkan perjuangan Enthus Susmono sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Gubernur Jawa Tengah. “Bismillah, saya akan melanjutkan perjuangan beliau. Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk Kabupaten Tegal yang lebih baik, tentunya dengan dukungan masyarakat Kabupaten Tegal itu sendiri,” jelas Umi.
Ditanya soal sisa masa jabatan, Umi menjelaskan bahwa dirinya akan menuntaskan target capaian pembangunan, sebagaimana tertuang dalam RPJMD Kabupaten Tegal 2014-2019.
Melalui Program Daerah Pemberdayaan Masyarakat (PDPM), Umi akan menyelesaikan penuntasan target Kabupaten Tegal ODF 2019, yang terbebas dari perilaku buang air besar sembarangan.
Selain itu, salah satu yang menjadi fokus di akhir masa kepemimpinan 2014-2019 ini adalah penyelenggaraan Pilkades Serentak gelombang ke dua dan pembangunan pasar tradisional. “Saya juga tengah membangun Co Working Space sebagai sarana pusat konsultasi bisnis. Guna menumbuhkan dan membina UMKM sebagai penggerak untuk mengakselerasi perekonomian daerah di era digital ini,” terangnya.(Makmur/KBk)

Related posts