Warung Teknologi Kelurahan Se-Kota Tegal Adu Inovasi

0
148

KabarBeritaku.com, ( Tegal)- Warung Teknologi Kelurahan (Wartekkel) Se-Kota Tegal beradu inovasi pada acara Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Kota Tegal tahun 2018, yang digelar di Area PArkir Rita Supermall, Jum’at (2/11) sampai Minggu (4/11/2018).

Wartekkel se-Kota Tegal menampilkan berbagai macam inovasi teknologi, dari inovasi yang ditampilkan beberapa wartekel sempat mencuri perhatian Wali Kota Tegal, M. Nursholeh saat meninjau langsung stand masing-masing Wartekkel saat acara pembukaan Gelar Teknologi, Jum’at (2/11/2018).

Diantara wartekkel yang menarik adalah, Wartekkel dari kelurahan Tegal sari yang menampilkan kompor dengan bahan bakar limbah oli bekas, yang diklaim lebih irit dengan menggunakan kompor dengan bahan bakar oli bekas.

Tak hanya itu, Wartekel kelurahan Keturen juga menampilkan hasil inovasinya berupa Kompor Alternatif dan Proses pembuatan BBM dari Limbah Plastik, kompor tersebut bisa menjadi alternative pda saat terjadi kelangkaan gas.

Sedangkan Wartekkel dari kelurahan Randugunting menampilkan Alat sensor maling dan alat deteksi ketinggian air dari kelurahan randugunting, pada saat alat tersebut dinyalakan, maka alat tersebut bisa menditeksi orang melewati sensor dari alat tersebut dan alarm akan berbunyi.

Saat membuka gelaran tersebut, Wali Kota Tegal, M. Nursholeh menyampaikan bahwa potensi ekonomi kota Tegal memang besar jika dikelola dengan baik. Ia menyampaikan beberapa produk unggulan telah menjadi produk dalam dan luar negeri seperti logam, batik, tenun, shuttlecock , kerajinan, makanan olahan, dan telur itik.

Dalam kesempatan tersebut, Nursholeh juga menyampaikan bahwa produk – produk baru yang dikembangkan masyarakat, seperti yang dipamerkan Wartekkel masing-masing kelurahan juga perlu kita angkat, terutama binaan wartekkel maupun posyantek, serta untuk mendorong pengrajin industri kecil perlu kita dukung pengembangan pasarnya.

Senada dengan Wali Kota Tegal, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Redemtus Heru Setyawan sekaligus ketua penyelenggara menyampaikan bahwa gelaran TTG terebut memang ditujukan untuk mendorong pengembangan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, ramah lingkungan, mudah diaplikasikan serta mampu memberikan nilai tambah ekonomi.

Selain mendekatkan akses pelaku Industri Kecil menengah (IKM) kepada masyarakat dalam mengenalkan dan memasarkan produk-produk IKM.

R Heru Setyawan berharap, beragam alat yang ditampilkan oleh masing-masing Wartekkel benar-benar dapat bermanfaat bagi para pelaku IKM. Alat yang mudah dioperasikan, harga terjangkau, akan kami rekomendasikan untuk dibeli dan dimanfaatkan oleh para pelaku IKM.(Makmur/Adv/KBk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here