DPRD Kabupaten Tegal Usulkan Perda UMKM

0
41

KabarBeritaku.com, ( Slawi )- DPRD Kabupaten Tegal mengajukan Rancangan Peraturan Daerah Inisiatif tentang Pengembangan dan Pemberdayaan UMKM, khusus perlindungan sektor mikro.

Anggota DPRD Kabupaten Tegal, Nur Sidik mengungkapkan, banyaknya investor besar yang masuk ke Kabupaten Tegal seiring pesatnya perkembangan sektor perekonomian dikhawatirkan mengancam pelaku UMKM.

“Karena itu Banleg mengajukan Raperda inisiatif. Raperda tersebut muncul karena didasari pemikiran dewan untuk melindungi dan memberdayakan pelaku ekonomi lokal khususnya dari kalangan industri rumah tangga dan usaha kecil,” katanya kepada kabarberitaku.com, belumlama ini.

Pesatnya persaingan usaha dan ekonomi di Kabuapaten Tegal, kata dia, telah mendorong tumbuhnya berbagai industri baik skala rumah tangga, mikro, kecil maupun� menengah. “Untuk memberdayakan pelaku UMKM tersebut Pemkab bisa memberi berbagai fasilitas baik berupa pelatihan, kemudahan perizinan, insentif pajak atau bantuan modal usaha,” jelasnya.

Menurut dia, sangat diperlukan payung hukum, sudah dilempar ke Pemkab Tegal dalam sidang Paripurna DPRD.”Ini demi perlindungan terhadap sektor usaha mikro,” tuturnya.

Sementara anggota DPRD Komisi I menilai Pemkab Tegal kurang dalam memperhatikan UMKM. “Sampai kini dapat dipastikan data secara pasti tidak dimiliki,” ujarnya terpisah.

Pihaknya berharap, melalui Perda ini akan mengakomodir UMKM di Kabupaten Tegal, bagaimana mengembangkan, mengelola untuk menjaga eksistensi ekonomi kerakyatan ini.(Makmur/Adv/Kbk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here