Oknum Kepala Desa di Kabupaten Tegal Ditetapkan Tersangka Pungli PTSL

KabarBeritaku.com, ( Slawi )- Oknum Kades Dawuhan, Kecamatan Talang, kabupaten Tegal, Patoni, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Polres Tegal dalam kasus dugaan pungutan liar ( Pungli ) Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) Tahun 2018 di Desa Dawuhan .

Hal itu dibenarkan oleh kasi Pidana Khusus Kejari Slawi, Ricky Makado SH. MH, mengatakan, bahwa Kepala Desa Dawuhan Patoni telah ditetapkan sebagai tersangka sejak satu bulan lalu.

“Ya, benar dia (kepala Desa ) sudah ditetapkan sebagai tersangka dari sekitar satu bulan lalu. Bahkan, berkasnya sudah P21,” ujar Ricky, Selasa (11/12/2018), kepada kabarberitaku.com.

Menurut penuturan Ricky, Kepala Desa Dawuhan tersebut dijerat dengan UU No. 20 Tahun 2001 Perubahan Atas UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), khususnya Pasal 12 huruf e. Pasal itu berbunyi, pegawai negeri atau penyelenggara negara yang dengan maksud menguntungkan diri sendiri atau oang lain secara melawan hukum atau dengan menyalahgunakan kekuasaannya memaksa seseorang memberikan sesuatu, membayar atau menerima pembayaran dengan potongan atau untuk mengerjakan sesuatu bagi dirinya sendiri.

” Ancaman pidana minimal empat tahun penjara dan maksimal 20 tahun penjara serta denda minimal Rp200 juta dan maksimal Rp1 miliar.Meski ditetapkan sebagai tersangka, namun penyidik tidak melakukan penahanan terhadap tersangka karena yang bersangkutan masih kooperatif,” pungkasnya.(Jaylani /KBk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *