Ribuan Peserta Ramaikan Festival Anak Soleh Indonesia Kota Tegal

KabarBeritaku.com, ( Tegal )- Sebanyak 1.075 peserta ramaikan Fertival Anak Soleh Indonesia (FASI) Kota Tegal tahun 2019. Peserta tersebut merupakan utusan dari TK Alquran (TKA), Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) dan Ta’limul Qur’an lil Aulad (TQA) Se-Kota Tegal dan melombakan 30 cabang lomba dari berbagai tingkatan.

FASI dibuka secara langsung oleh Wali Kota Tegal, M. Nursholeh, di Pendopo Balai Kota Tegal, Selasa (19/3/2019). Dalam pembukaan tersebut, Wali Kota menyampaikan bahwa FASI bukan hanya sekadar berlomba untuk menjadi pemenang, namun lebih jauh dari itu adalah implementasi dari arti anak sholeh.

Menurutnya, ciri anak soleh adalah taat kepada orang tua, menyayangi sesama dan hormat kepada guru serta yang penting adalah meneladani dan mencontoh perilaku Nabi Muhammad SAW. Wali Kota berharap, FASI ini bisa mengajak anak-anak kota Tegal khususnya untuk senantiasa mencintai agama dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, sekaligus ketua panitia FASI Kota Tegal tahun 2019 Ali Rosidi menyampaikan bahwa FASi ini dilaksanakan selama dua hari, FASI diselenggarakan selama dua hari, mulai Selasa (19/3/2019) sampai Rabu (19/3/2019) dan dilaksanakan di komplek Balai Kota Tegal dan SD Negeri Mangkukusuman 7.

Senada dengan Wali Kota, Ali rosidi menyampaikan bahwa penyelenggaraan FASI bertujuan untuk memupuk rasa cinta umat islam khususnya anak-anak kepada agama Islam dalam upaya mewujudkan akhlakul karimah, selain untuk meningkatkan dan menumbuhkembangkan bakat dan minat anak-anak dalam seni dan syiar Islam serta memperkuat dan memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan dan kekeluargaan sesama warga kota Tegal.

Sedangkan untuk mata lomba dibagi kedalam tiga tingkat, yaitu untuk tingkat TKQ dilombakan  adzan dan Iqomah, Tartil, irkar/puitisasi Alquran, mewarnai, pengucapan Pancasila, untuk tingkat TPQ, Adzan dan iqomah, cerdas cermat Alquran, irkar/puitisasi Alquran, pidato bahasa Indonesia, tartil, praktek sholat dan menggambar.

Sementara untuk tingkat TQA dilombakan tilawa, terjemah lafdhiyyah, cerita islami, tahfidz juz amma, pidato bahasa Indonesia, kaligrafi dan hadroh.

Ali Rosidi menambahkan, bagi para pemenang selain akan mendapatkan thropy dan uang pembinaan juga akan mewakili kota Tegal dalam FASI tingkat Provinsi yang rencananya akan diselenggarkan pada Oktober 2019 mendatang.(Makmur/Adv/KBk)