Upacara Hari Lahir Pancasila, DanLanal Tegal Ajak Jaga Persatuan Bangsa

KabarBeritaku.com, ( Tegal )– Bertindak sebagai Inspektur upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019, Komandan Lanal Tegal Letkol Laut (P) Agus Hariyanto, mengajak semua elemen masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Upacara yang dilaksanakan pada Sabtu (1/6/2019) di halaman Pendopo Balai Kota Tegal, diikuti oleh ribuan peserta, yang terdiri dari unsur ASN, TNI polri, Linmas, organisasi masyarakat dan pelajar.

Hadir dalam upacara tersebut, Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah, Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf Akhmad Aziz, Hakim Pengadilan Negeri Kota Tegal Elsa Lina Purba dan Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kota Wimpy Wohon, serta Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kota Tegal.
Danlanal dalam sambutannya menyampaikan bahwa kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan tanah air Indonesia yang merupakan satu kesatuan.
Hal ini menurutnya meneguhkan bahwa kita sebagai bangsa memiliki ruang hidup tanah air sebagai satu kesatuan ada relasi dan perpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan sebagaimana dalam konsep wawasan nusantara.
Dalam sambutannya Ia berharap, melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019 Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita semua harus terus-menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia kita bersatu membangun bangsa untuk merelaksasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun damai adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan kita Indonesia kita Pancasila.
(Makmur/KBk)