Home Hukum dan Kriminal Viral Tarif Parkir Guci Mahal, Oknum Juru Pakir Ditangkap Polisi

Viral Tarif Parkir Guci Mahal, Oknum Juru Pakir Ditangkap Polisi

1049
0
Keluhan tarif parkir mahal salah satu akun facebook ( kiri). Pelaku menunjukkan bukti uang saat diperiksa.

KabarBeritaku.com, ( Slawi )– Keluhan wisatawan terkait tarif parkir kendaraan yang melebihi ketentuan saat libur Lebaran, khususnya di kawasan wisata pemandian air panas Guci Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal, kembali viral mewarnai lini massa di sejumlah media sosial dalam beberapa hari terakhir.

Keluhan tersebut di antaranya, perubahan tarif parkir kendaraan roda empat dengan cara mengubah tarif parkir awal dari Rp.10.000 ribu untuk hari hari libur hari-hari besar tahun-tahun sebelumnya. Untuk mobil dikenai tarif Rp 10 Ribu, sedangkan sepeda motor Rp5 Ribu.

Salahsatu akun facebook Waja Haji. Dia mengeluhkan mahalnya tarif parkir di Objek Wisata Guci Kabupaten Tegal yang mencapai Rp 20 ribu.Pihak kepolisian akhirnya mengamankan warga yang menarik uang parkir hingga Rp 20 ribu di Objek Wisata Guci, Tegal, Jumat (7/6/2019). Pelaku berinisial Hry, 36 tahun, asal Desa Rembul, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal.

Menurut Kepala UPTD Objek Wisata Guci, Abdul Haris, mengatakan, pihaknya bersama Satreskrim menyelidiki dan memeriksa sejumlah saksi. ” Hasil penyelidikan kepolisian menyebutkan pelaku ternyata bukan petugas parkir. Tapi, warga biasa yang biasa nongkrong di sana. Modusnya pelaku mencuci mobil yang parkir tanpa seijin petugas parkir maupun pemilik mobil. Kemudian Pelaku meminta uang diluar parkir sebesar Rp 10.000, sebagai imbalan untuk mencuci mobil tersebut. Pelaku mengaku mendapat uang Rp 60 ribu per hari,” kata Haris.

Atas kejadian tersebut, Haris menghimbau kepada masyarakat untuk tidak khawatir berjunjung ke Guci. Sebab, pihaknya sudah berupaya semaksimal mungkin untuk mengurangi juri parkir liar. Jika ada oknum yang memasang tarif tidak wajar, pengunjung bisa segera melaporkan ke petugas.

Terpisah Kasatreskrim Polres Tegal AKP Bambang Purnomo mengaku telah mengerahkan beberapa personel Tim Saber Pungli ke Wisata Guci pada Jumat (7/6/2019) siang ini, usai viral di Facebook pada pagi harinya. ” Kurang dari 24 jam, setelah viral satu oknum yang diduga menarik tarif parkir sebesar Rp 20 ribu ke pengunjung sudah diamankan beserta barang bukti berupa uang hasil kegiatannya.Karcis parkir tertulis Rp 10 ribu saja. Tapi pelaku ini meminta Rp.20 ribu, pelaku adalah juru parkir di Guci,”tegas.(Makmur/KBk)