Kodim O712 Mewakili Kodam IV Masuk Penilaian Binter

KabarBeritaku.com, ( Tegal )- Komando Distrik Militer (Kodim) 0712, mewakili Kodam IV Diponegoro dalam penilaian tingkat pusat lomba pembinaan teritorial (Binter) TNI Angkatan Darat tahun 2019. Penilaian dilakukan oleh Tim Penilai Tingkat Pusat Lomba Pembinaan Teritorial (Binter) TNI Angkatan Darat (AD) tahun 2019 selama tiga hari, dimulai dari Rabu (17/7) sampai Jum’at (19/7/2019).

 

Dalam acara tatap muka antara Tim Penilai Binter TNI AD tingkat Pusat dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) baik Kota dan Kabupaten Tegal, bersama beberapa tokoh agama di teras Pringgitan komplek Balai Kota Tegal, ketua Tim Penilai Binter pusat, Kolonel. Kol Inf. Taufik Shobri menyampaikan bahwa, Kodim 0712 merupakan wakil dari Kodam IV diponegoro untuk mengikuti lomba Binter tingkat pusat.
Taufik menyampaikan bahwa untuk penilaian Binter pusat dilaksanakan setiap dua tahun sekali dan dibagi ke dalam 4 kategori, kategori A dengan tipe Kodim di Ibu Kota atau penyanga Ibu kota, kategori B yakni tipe Kodim di Kabupeten/Kota, serta kategori Kodim di Daerah perbatasan/terluar atau daerah konflik, dan Kodim 0712 masuk dalam kategori B, dan akan bersaing dengan 14 Kodim kategori B yang lain.

Akan menilai sejauh mana pembinaan teritorial, dalam improvisasi kegiatan Binter dilihat dari aspek program maupun non program, dan tentunya tim penilai akan melihat bagaimana Kodim 0712 bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dan Unsur-unsur Forkopimda yang ada di wilayahnya, baik secara administrasi dan kegiatannya dilapangan.

Menurut Taufik, hasil penilaian di Kodim 0712 ini nantinya akan disandingkan dengan hasil-hasil penilaian 14 Kodim lainnya. Ia menambahkan bahwa hasil dari perlombaan ini adalah untuk mencari Kodim terbaik, sehingga Kodim-kodim yang lain bisa meniru, dan sebagai Kodim percontohan.
Sementara itu, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono yang hadir dallam kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa beban tugas Kodim 0712 yang membawahi Kota dan Kabupaten Tegal khususnya dibidang Binter cukup berat, dengan luas wilayah dan karakteristik masyarakatnya. Namun demikian menurut Dedy Yon, Kodim 0712 sudah menggemban tugasnya dengan baik, dimana jalinan hubungan koordinasi antara unsur-unsur Forkopimnda sudah cukup baik. Bagaimana Kodim 0712 turut membantu Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan pembangunan baik fisik maupun non fisik.

Tak hanya itu, koordinasi Kodim 0712 dengan masyarakat, melalui tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh agama bisa berlangsung dengan baik dengan konduaifitas kota Tegal yang sudah terjalin dengan baik
Dalam penilaian lomba Binter ini, Wali Kota berharap, Kodim 0712 ini, bisa menjadi yang terbaik. Tentunya dalam menjaga kekompakan Forkopimda dan menjadi pelayan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban wilayah Kota dan Kabupaten Tegal.(Susilo/Adv/KBk)