Ngeri Tapi Seru! Ada Pasar Mepet Rel Kereta di Kota Tegal

Kabarberitaku.com, (Tegal) – Pasar Tradisional pada umumnya memiliki standar keamanan sehingga para pedagang dan pengunjung bisa merasa nyaman saat bertransaksi. Berbeda dengan pasar tradisional lainnya, pasar yang ramai dikunjungi setiap hari minggu pagi di jalan Insinyur Juanda Kelurahan Keturen kota Tegal dinilai rawan kecelakaan. Berlokasi persis di perlintasan rel kereta api menjadikan pasar ini unik berbeda dengan pasar minggu lainnya.

“Pasar ini sudah lama ada, sudah puluhan tahun, mereka yang berkunjung kesini bersama keluarga selain bisa belanja kuliner dan pakaian juga bisa santai sambil melihat kereta lewat. Keunikan pasar ini yang seringkali mengabaikan aspek keamanan. Harapan kami, pemerintah kota (Tegal) bisa menyediakan tempat yang lebih aman namun tidak mengabaikan keunikan pasar ini.” Ucap Sangwar, tokoh masyarakat sekitar, Minggu (21/07/2019) pagi.

Pantauan tim redaksi kabarberitaku puluhan orang duduk santai sambil menunggu kereta lewat. Saat ada peringatan kereta akan lewat, mereka bergegas mencari tempat aman. Lokasi pasar persis di jalan yang lebarnya tidak lebih dari 3 meter. Akses jalan umum ini tetap dilewati mobil dan truk meski ramai pengunjung.

Menurut petugas jaga pintu perlintasan kereta api, di pasar itu pernah memakan korban nyawa saat ramai pengunjung. “Disini pernah memakan korban nyawa, pihak kami sudah pernah menegur para pedagang, namun mereka tetap membandel dengan alasan sepi pembeli jika dipindah ke tempat lain. Yang paling kami khawatirkan itu terjadi penumpukkan kendaraan dari dua arah pada saat kereta akan lewat.” terang Supriadin, petugas palang pintu kereta api.

“Kami ini cuma rakyat kecil yang sedang mencari rejeki untuk menafkahi anak istri, kalau dipindah kami khawatir (jualan) jadi sepi.” ucap Julaeha, pedagang kaki lima saat ditemui KabarBeritaku.com.(Susilo/KBk)