Pemkot Tegal Gelar Upacara Peringatan Hari Koperasi ke 72

KabarBeritaku.com, ( Tegal )-Pemerintah Kota Tegal menggelar upacara memperingati Hari Koperasi Nasional Ke-72 tahun 2019 di Halaman Balai Kota Tegal. Peringatan hari Koperasi Nasional tahun ini mengusung tema Reformasi Total Koperasi Di Era Revolusi Industri 4.0.

Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, ST., MM dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Koperasi Dan UKM Republik Indonesia menyampaikan bahwa saat ini tengah berada pada era dimana digitalisasi dan artificial intelegence (ai) mewarnai kehidupan industri yang merembet pada perilaku keseharian masyarakat.
“Koperasi Indonesia harus memiliki kesiapan dan bekal sumber daya yang handal yang didasari oleh tekad untuk siap berubah dalam mensikapi tantangan kekinian,” ucap Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, ST., MM.

“Tantangan baru yang dihadapi oleh dunia perkoperasian kita, tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi semata, namun menyangkut persoalan mindset dan juga perubahan dalam sistem tata kelola,” imbuh Jumadi.
Untuk itu, kata Jumadi, koperasi harus melakukan reformasi total. Reformasi total yang telah dijalankan dalam rentang waktu lima tahun terakhir ini, pada dasarnya mendorong koperasi untuk dapat beradaptasi dan bertranformasi. sudah saatnya koperasi memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan platform e-commerce, aplikasi retail on-line dan pengembangan aplikasi-apllikasi bisnis lainnya.
Terpisah, Ketua Dekopinda Kota Tegal Sippon Junaedi menuturkan sudah saatnya koperasi menerapkan digitalisasi sehingga dapat berkembang dengan pesat. Selain itu, Sippon menambahkan, secara umum, kondisi koperasi di Kota Tegal cukup baik. Walapun ada beberapa koperasi yang dibubarkan akan tetapi muncul juga koperasi baru.
Sementara itu, pada kesempatan tersebut juga diserahkan piala pada Lomba Jambore Nasional Koperasi Tingkat Nasional dengan kategori Foto Kreatif memperoleh juara I dan Mars dan Yel-yel Koperasi memperoleh juara II.(Makmur/Adv/KBk)