Bupati Tegal Pimpinan Kerja Bhakti Bersih Sampah di Pantai Larangan

  • Whatsapp

KabarBeritaku.com, ( Slawi )- Bupati Tegal Umi Azizah memimpin acara kerja bakti bersih sampah di Pantai Larangan Indah Kecamatan Kramat, dalam rangka memperingati Hari Bersih Sampah Sedunia atau World Cleanup Day 2019, Sabtu (21/9/2019) pagi. Dalam acara tersebut, Umi turun langsung membersihkan sampah yang berada di sekitar bibir pantai. Umi juga tak segan memegang sapu lidi serta mengajak para relawan untuk membersihkan dan memungut sampah.

Maka tak heran, aksi orang nomor satu di Kabupaten Tegal ini pun banyak diabadikan oleh masyarakat sekitar. Tak tanggung-tanggung Umi sampai berjongkok untuk mengambil sampah yang berada dibawah gazebo atau tempat duduk wisatawan yang berada di Pantai Larangan Indah.

Read More

Melihat banyaknya sampah di sekitar warung pantai, Umi menghimbau kepada seluruh pemilik warung untuk menyediakan tempat sampah serta selalu menjaga kebersihan setiap waktu. “Jika dipandang kan enak, wisatawan merasa nyaman. Harus saling menjaga satu sama lain,” pungkas Umi saat menasehati pedagang.

Selain itu, dibantu Camat Kramat Wuryanto , Umi juga menertibkan beberapa spanduk yang merusak pemandangan. Dikatakan Umi, spanduk yang sudah rapuh dan kusam ini akan membawa kesan tidak rapi dan lingkungan menjadi kumuh.

Disela-sela aksinya, Umi menyampaikan pesan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Tegal supaya dapat menjaga lingkungan dimulai dari rumah masing-masing. Dari hal kecil seperti ini, Umi meyakini dapat meminimalisir sampah di Kabupaten Tegal. “Sampah adalah tanggung jawab semua orang. Mulailah memilah sampah di rumah masing-masing. Karena penyumbang sampah terbesar adalah sampah rumah tangga,” katanya. Umi berharap acara ini tidak sekedar seremonial saja, tetapi dapat berkelanjutan dan menjadi kebiasaan setiap individu dalam hal membuang sampah dan memilah sampah.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Agus Subagyo menuturkan acara World Cleanup Day 2019 ini terdapat ratusan relawan yang terdiri dari pelajar TK, SD, SMP sampai SMA, unsur masyarakat serta jajaran TNI-Polri dan para pegawai di lingkungan Pemkab Tegal.(Jaylani/KBk)

Related posts