Terlihat Kumuh, Kondisi Balaikota Lama Tegal Dikeluhkan

KabarBeritaku.com, (Tegal) – Pengunjung dan pedagang dadakan di kawasan Balai kota Lama atau biasa disebut ” Balwas” mengeluhkan kondisi kawasan Balwas yang terlihat kumuh dan tidak terawat.

“Sangat disayangkan Balaikota lama kota Tegal setiap hari Minggu pastinya ¬†dikunjungi ratusan bahkan mungkin ribuan orang untuk berjalan – jalan, belanja, atau berdagang, namun kondisinya terlihat kumuh dan tak terawat, padahal lokasinya juga berdampingan dengan kantor DPRD kota Tegal,” ucap Yani warga Tegalsari saat mengunjungi Balaikota lama, Minggu (15/09/2019) pagi.

Senada dengan Yani, Musa yang setiap minggunya berjualan mainan anak-anak disana menuturkan Pemkot Tegal terkesan tak peduli dengan kondisi Balaikota lama kota Tegal. “Saya sudah bertahun – tahun berjualan disini, dari dulu kondisinya ya begini (kurang terawat), padahal kami yg berjualan disini dimintai uang (retribusi), dana itu untuk apa? Semoga kedepan Balkot lama lebih tertata, lebih cantik sehingga semakin banyak pengunjung yang datang kesini. Kami (pedagang) juga berharap dilibatkan jika nanti ada penataan,” ucapnya.

Ada juga pedagang yang menginginkan Balaikota lama lebih bersih dan cantik namun merasa takut untuk menyampaikan kepada Pemkot Tegal. “Waduh.. saya ini rakyat kecil, mau bicara takut salah, nanti ujung-ujungnya kami bisa diusir dari sini. Bisa jualan disini saja kami sudah bersyukur. Kalau saya sih penginnya ya lebih rapi, diperhatikan (Pemkot Tegal) supaya tempat ini lebih banyak lagi pengunjungnya,” kata Budi.

Berdasarkan pantauan Kabarberitaku kondisi Balaikota lama kota Tegal terlihat semrawut, kolam ikan & pancuran air terlihat kumuh, banyak sampah dan berbau tak sedap. Akses jalan untuk pengunjung semakin sempit & tak teratur karena para penjual seenaknya menggelar dagangan. Tempat duduk para pengunjung dipenuhi barang dagangan sehingga pengunjung kesulitan mencari tempat duduk.( Susilo/Kbk)