Serapan Anggaran dibawah 70%, Wawalkot Himbau Segera Lakukan Langkah Starategis

KabarBeritaku.com, ( Tegal )– Capaian serapan anggaran Triwulan II, tahun 2019 Pemerintah Kota Tegal dibawah 70 persen, Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi menghimbau kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk segera melakukan langkah-langkah strategis untuk mengantisipasi sisa waktu yang ada. Jumadi menyampaikan hal tersebut didepan pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Tegal, saat melakukan Rapat Koordinasi Pengendalian Kegiatan Pelaksanaan (PKP) APBD di gedung Adipura, Komplek Balai Kota Tegal, Kamis (17/10/2019).
Jumadi menyampaikan ada beberapa catatan yang menjadi perhatianya, OPD dalam perencanaan, penganggaran dan pelaksanaanya harus dilakukan dengan cermat, dan apabila terjadi kendala dalam pelaksanaan kegiatan agar segera melakukan koordinasi dengan instansi terkait dan jangan di tunda-tunda, karena di beberapa kegiatan Ia melihat waktu yang tersisa relatif pendek sampai akhir tahun.
Jika langkah-langkah yang diambil tepat, Jumadi optimis serapan anggaran APBD tahun 2019 bisa terlaksana sesuai target. Ia berharap kegiatan baik fisik.maupun non fisik bisa dilaksanakan dan selesai dalam tahun anggaran.
Sementara Kepala Bagian Pembangunan Setda Kota Tegal Muhammad Rudy Hersetyawan menyampaikan bahwa capaian serapan anggaran APBD kota Tegal khusus untuk kegiatan fisik sampai dengan triwulan II, mencapai 58,75 persen dari target 70,57 persen, sedangkan realisasi capaian serapan keuangan sebesar 50,17 persen dari target 66,44 persen.

Untuk realisasi pendapatan di triwulan II mencatat, Rp. 746.942.558.50,16, – dari target Rp. 1.081.591.230.000,-.
Rudy menyampaikan, saat ini masih perlu dilakukan percepatan, dan berharap capaian serapan anggran bisa dilaksanakan semaksimal mungkin, dan kegiatan bisa dilaksanakan dan selesai tepat pada tahun anggaran. (Susilo/Adv/KBk)