Home Wisata Walikota Tegal Resmikan Muarareja Indah Festival

Walikota Tegal Resmikan Muarareja Indah Festival

5
0
Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Kota Tegal Cucuk Daryanto bersama kepala kelurahan Muarareja dan pengurus Pokdarwis Muarareja Indah, saat meninjau stand Muarareja Indah Festival.(Foto:Jaylani/KBk)

KabarBeritaku.com, ( Tegal )– Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono diwakili Kepala Dinas Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Kota Tegal Cucuk Daryanto secara resmi membuka secara resmi Muarareja Indah Festival di Pantai Muarareja Indah kelurahan Muarareja Kecamatan Tegal Barat kota Tegal, Kamis (02/05/2019).

Dimana acara tersebut berlangsung meriah, aman dan lancar, Ikut serta dalam memeriahkan acara pantai tersebut yaitu, kesenian Balo Balo, pertunjukan musik akuistik dari Karang Taruna Muarareja, pertunjukan fashion show. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari ( 2-5 Mei/2019 )dengan menghadirkan berbagai perlombaan dan pameran olahan industri kecil menengah warga Muarareja, seperti trasi, kerajinan kerang, jajanan tradisional, permainan anak serta stand- stand kuliner.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Kota Tegal Cucuk Daryanto mengunting pita tanda peresmian Murarareja Indah Festival.

“Melalui kegiatan ini kami berharap kiranya akan tercipta kemajuan dalam upaya memajukan kepariwisataan untuk jangka panjang dalam mewujudkan kota Tegal sebagai daerah tujuan wisata bagi wisatawan, dan semoga kegiatan seperti ini menjadi agenda runtin tahunan, karena sektor wisata mampun memberikan kontribusi luar biasa kepada perekonomian masyarakat,” hal tersebut sebagaimana disampaikan Walikota Tegal dalam sambutannya yang dibaca Kepala Dinas Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Kota Tegal Cucuk Daryanto.

Untuk itu Ia mengajak kepada seluruh masyarakat, untuk dapat mengikuti dan melaksanakan kegiatan Muarareja Indah Festival ini sehingga benar-benar dapat menjadikannya sebagai sarana filterisasi yang mampu menyaring dari berbagai dampak negatif akibat kemajuan arus era globalisasi. “Kami memandang bahwa kegiatan pesta pantai ini hendaknya dapat kita jadikan sebagai nilai tambah untuk pengembangan dan pelestarian budaya pariwisata di masa yang akan datang, sehingga pada akhirnya wisatawan tertarik untuk datang ke pantai Muarareja indah ini. Bahkan kegiatan seperti ini harus terus ditingkatkan. Bahkan saya akan terus mendukung dan mensuport event seperti ini, dalam rangka memperkenalkan daerah wisata kita kepada masyarakat luas,”ujar Cucuk.

Cucuk menambahkan, perlu diingat bahwa untuk mengoptimalkan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Bengkalis saat ini, diperlukan kerjasama berbagai pihak karena pengembangan pariwisata bersifat multifaktorial, baik dari pihak pemerintah, pelaku usaha jasa, maupun masyarakat. kelompok sadar wisata, pengelola destinasi wisata, pelaku usaha/ seni kerajinan, dan pengelola atraksi seni budaya harus dilibatkan. oleh karena itu, harus ada peran serta masyarakat dalam mengelola sekaligus mempromosikan objek wisata di Muarareja ini.

Masih kata Cucuk, pemberdayaan masyarakat di destinasi pariwisata dapat dilihat sebagai sarana untuk mendorong masyarakat yang berpartisipasi aktif dalam membangun destinasi pariwisata yang berdaya saing. dengan demikian, manfaat pariwisata akan langsung dirasakan oleh masyarakat, terutama yang terjun langsung dalam kegiatan pariwisata, yang tak kalah pentingnya lagi harus memiliki modal dan kemauan, masyarakat harus berperan aktif dan penuh kesadaran dalam melihat potensi yang ada untuk dikembangkan sebagai usaha dalam rangka mendukung destinasi wisata yang ada.

“Kedepan kami berharap, agar dapat ditingkatkan dari segi kualitas maupun kuantitas pesertanya. perlu juga dipikirkan keterlibatan masyarakat umum yang ada di kota Tegal. ini semua sebagai manifestasi rasa kebersamaan dalam membangun kota Tegal oleh semua profesimelalui potensi masyarakat yang ada. Kemudian kepada seluruh peserta yang ikut memeriahkan kegiatan ini kami ucapkan selamat berlomba, selamat berkompetisi, yang terpenting jaga keselamatan, keamanan dan ketertiban bersama,” ucap Cucuk.( Jaylani / KBk)