Kejaksaan Negeri Slawi Siap Tindak Tegas Penyeleweng Dana Desa‎

  • Whatsapp

KabarBeritaku.com, (Tegal) – Kejaksaan Negeri Slawi Kabupaten Tegal akan menindak tegas penyalahgunaan yang melakukan pelanggaran penggunaan anggaran ADD dan DD khususnya pada kegiatan pembangunan fisik. Demikian sampaikan kepala kasi pidana khusus ( pidsus) kejaksaan Negeri Slawi kabupaten Tegal Syamsu Yoni Rabu (29/1/2020).

Menurutnya, langkah awal yang akan dilakukan adalah ini pencegahan biar anggaran dari pemerintah benar – benar dapat direalisasikan dengan baik sesuai peruntukannya. Sedang langkah selanjutnya dalam melaksanakan pembangunan lebih mengedepankan standar kekuatan dan umur bangunan.

Read More

“Pada Kegiatan pembangunan fisik inilah yang sering kali menjadi persoalan. Sebagai contoh pekerjaan dilaksanakan tidak sesuai dengan spesifikasi teknis dan RAB. Adanya indikasi pengurangan matetial tidak sesuai di perencanaan. Yang demikian ini diharapkan tidak terjadi,” kata Yoni.

Perihal proses hukum, dalam hal penyalahhunaan anggaran desa nominalnya tidak terbatas. Kalau benar ada kerugian negara, tetap ada proses hukum. ” Intinya, uang rakyat harus dipergunakan untuk kepentingan rakyat,” katanya.

Sementara , kepala Inspektorat kabupaten Tegal Aribawa beberapa waktu juga yang lalu menyampaikan Hal yang sama. Pihaknya sudah melakukan pembinaan dan mensosialisasikan perihal anggaran desa pada seluruh kades. Secara administrasi pihaknya yang menangani. Namun bila sudah ada pelanggaran penggunaan anggaran yang merugikan keuangan negara itu kewenangan aparat penegak hukum baik kepolisian maupun kejaksaan.(Jaylani/KBk)

Related posts