Tiga Calon Tak Kirim Saksi Pleno Rekapitulasi Suara Pilwalkot Tegal 2018

0
169

Kabarberitaku.com, ( Tegal0- Tiga pasangan calon tidak mengutus saksi dalam rekapitulasi suara tingkat kota yang diselenggarakan KPU Kota Tegal.

Pantuan kabarberitaku.com, Rabu( 4/07/2018) diaula KPU setempat, lima kursi yang disediakan oleh KPU hanya terisi di kursi paslon nomor urut 1 Nursoleh – Wartono dan paslon nomer 3 Dedy- Jumadi. Sedangkan paslon nomor urut 2 Ghautsun – Muslih, nomer urut 4 Habib Ali- Tanty dan paslon nomor urut 5 Herujito – Sugono tidak terisi. Bahkan berita acara hasil penghitungan suara Pilwalkot Tegal, hanya ditandatangani oleh dua saksi pasangan calon (paslon). Karena tiga paslon lainnya tidak mengirimkan saksi untuk menandatangani berita acara.

Baca Juga :Rekapitulasi KPU, Dedy- Jumadi Tetap Unggul Di Pilkada Kota Tegal

Mendasari hasil rekapitulasi penghitungan tingkat KPU Kota Tegal, urutan teratas diduduki paslon Dedy Yon-Jumadi dengan perolehan 38.091 suara. Urutan kedua diraih paslon Habib Ali-Tanty mendapat 37.775 suara, disusul Herujito-Sugono mendapat 21.804 suara, Nursholeh-Wartono mendapat 21.029 suara dan urutan terakhir Ghautsun-Muslih mendapat 17.169 suara. Paslon Dedy-Jumadi dan Paslon Habib Ali-Tanty bersaing ketat. Selisih suara keduanya terpaut 316 suara. Sebelumnya, dari hasil quick count di KPU selisih keduanya terpaut 271 suara. Ketua KPU Kota Tegal, Agus Wijanarko menegaskan, kepada para pihak yang tidak sepakat atau belum bisa menerima hasil rapat pleno tersebut masih ada jalan yaitu mengajukan gugatan Makamah Konstitusi (MK).” Kami menunggu tiga hari ke depan apakah ada registrasi gugatan di MK apa tidak. Kalau tidak ada KPU akan menetapkan pasangan terpilih pada hari keempat,” ungkap Agus Wijanarko. Namun bilamana ada pemberitahuan registrasi terhadap sengketa Pilwalkot 2018,lanjut Agus, akan menunggu sampai dengan ada keputusan dari MK.” Bagi saksi yang tidak hadir dan tidak menandatangani Berita Acara rekapitulasi, tidak mengurangi keabsahan hasil rekapitulasi suara tingkat kota Tegal,”jelasnya. ( Makmur/Kbk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here