Ketua PCNU Kabupaten Tegal Gagal “Gantikan” Enthus Susmono Maju Pilkada 2018

Kabarberitaku.com, ( Slawi )- H. Ahmad Was’ari adalah seorang PNS dan menjadi Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tegal menjadi salahsatu kandidat terkuat berdasarkan pendapat para kiai dan pengurus Nahdatul Ulama Kabupaten Tegal.Untuk menggantikan almarhum Enthus Susmono berdampingan dengan Hj. Umi Azizah pada Pilkada 2018.

Namun karena kendala surat pensiun dini yang diajukan H. Ahmad Was’ari, yang tidak lain adalah ketua PCNU Kabupaten Tegal H. Ahmad Was’ari, akhirnya gagal menjadi penganti almarhum Enthus Susmono dalam Pilkada kabupaten Tegal. ” Ada hambatan, meski pertimbangan bahwa saya dipilih sebagai calon pengganti itu memang sudah bulat,” kata Was’ari saat dihubungi wartawan.

 

Ia mengatakan, surat pensiun dini sebagai PNS nantinya digunakan sebagai syarat untuk diajukan ke KPU, sudah diajukan ke Jakarta. ” Surat pensiun dini keluar pada tanggal muda yakni 1 Juni besok. Sedangkan KPU memberikan waktu tujuh hari atau sepekan untuk mengusulkan pengganti,Tujuh hari tersebut jatuh pada Minggu (20/5/2018). Paling lambat penyerahan dokumen persyaratan pada pukul 16.00 WIB. Saya akan akan menjadi calon wakil bupati, sedangkan Umi Azizah yang awalnya calon wakil naik menjadi calon bupati yang ditinggalkan Enthus. Hambatan ini sudah saya sampaikan ke organisasi dan DPC PKB.Ya mudah- mudahantahun- tahun berikutnya saya bisa diberikan kesempatan lagi untuk mencalonkan diri sebagai bupati atau wakil bupati,”ujarnya.

Sementara anggota DPRD Kabupaten Tegal dari Fraksi PKB, Agus Salim, mengatakan, PKB memilih Umi Azizah yang sebelumnya duduk sebagai cawabup menjadi pengganti Enthus Susmono sebagai Cabup Tegal. Untuk itu, PKB memilih nama baru untuk duduk di kursi Cawabup Tegal. “Untuk posisi cawabup kami memilih nama Sabililah Ardie,” ujar Sekretaris DPC PKB Kabupaten Tegal, Agus Salim, Jumat (18/5/2018).

Menurut Agus Salim, DPC PKB Kabupaten Tegal harus bekerja cepat. Alasannya, KPU memberikan tenggat waktu hanya 7 hari setelah meninggalnya Ki Enthus.

Seperti diketahui sebelumnya, ada sejumlah nama yang masuk dan menjadi pertimbangan DCP PKB Kabupaten Tegal. Diantaranya dr Edi Utomo, mantan calon bupati pada pilbup 2013 lalu. Was’ari, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tegal yang juga menjabat Ketua PCNU. Dokter Joko, Sekda Kabupaten Tegal. Abdulrohman seorang pengusaha asal Tegal, Firman Haryo S, anak pertama Enthus Susmono dan Sabililah Ardie, anak dari Bahrudin Nasori (anggota DPR RI yang juga Ketua DPP PKB).(Makmur/Kbk)