Tetapkan 541 DCT, KPU Kabupaten Tegal Coret Lima Bacaleg

KabarBeritaku.com, ( Slawi )– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal mencoret lima nama dari Daftar Calon Tetap anggota DPRD kabupaten Tegal.Lima nama tersebut sebelumnya masuk sebagai Daftar Caleg Sementara ( DCS ).Pencoretan dilakukan karena kelima nama tersebut Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan dua mengundurkan diri.

” Yang dicoret karena mengundurkan diri ada dua orang meraka dari PDIP dan Hanura. Kemudian tiga orang TMS, dua dari Gerindra dan satu Hanura,” ujarnya

Kasubag TP Pemilu dan Hubungan Masyarakat (Humas) KPU Kabupaten Tegal, Sumito,S.AP,MM kepada kabarberitaku.com, Kamis (20/9/2018), usai pleno
Penetapan DCT diruang rapat KPU setempat.

Sumito menjelaskan, tiga bakal caleg tersebut yakni , dua kepala Desa ( Kades ) tidak memenuhi persyaratan administrasi, dan satu kepala desa mengundurkan diri saat proses penetapan DCT.” Dua Kades tidak ada surat pemberhentian tugas, dan satu mengundurkan diri,  kemudian satu karyawan BUMD, dan satu dari masyarakat umum, sehingga kelima nama tersebut tidak masuk dalam DCT,” jelasnya.

KPU, kata Sumito, menunggu sampai Rabu (29/9/2018) malam agar para bacaleg melengkapinya persyaratannya. Namun karena batas waktu tak datang melengkapi persyaratan. Karena itulah langsung dicoret dari DCT. proses penetapan DCT sudah rampung sejak Rabu (19/9/2018) kemarin. “Kami memang menunggu sampai pukul 24.00 WIB, Rabu (19/9/2018) kemarin. Namun sampai sekitar pukul 20.00 WIB, kami sudah selesai proses penetapan DCT nya,”tuturnya.

Sementara ketua KPU Kabupaten Tegal Drs. Sukartono mengatakan, menetapkan 541 daftar calon tetap (DCT) anggota DPRD Kabupaten Tegal Pemilu 2019. Penetapan itu melalui rapat pleno di ruang rapat kantor KPU, Jalan Ade Irma Suryani Slawi ,Kamis (20/9/2018).” KPU Kabupaten Tegal mencatat ada sebanyak 546 Bacaleg yang masuk Daftar Calon Sementara (DCS). Jumlah DCS tersebut berkurang lima orang saat proses penetapan DCT . KPU akhirnya menetapkan 541 Caleg untuk memperebutkan 50 kursi yang ada di DPRD kabupaten Tegal,”pungkasnya.(Makmur/KBk)