Home Politik dan Parlemen Peringati HUT Kabupaten Tegal ke 418, Paripurna DPRD menggunakan Bahasa Tegal

Peringati HUT Kabupaten Tegal ke 418, Paripurna DPRD menggunakan Bahasa Tegal

8
0
Unsur pimpinan DPRD bersama Bupati dan Wakil Bupati Tegal dalam Rapat Paripurna HUT Kabupaten Tegal ke 418.(Foto Makmur/KBk)

KabarBeritaku.com, ( Slawi )- Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-418 Kabupaten Tegal, DPRD setempat menggelar rapat paripurna istimewa berbahasa Tegal. Semua pembicara, mulai dari pemandu acara, pimpinan sidang, hingga sambutan-sambutan dalam acara itu menggunakan bahasa Tegal.

“Selain karena memperingati Hari Jadi Kabupaten Tegal, rapat paripurna istimewa berbahasa Tegal tadi, juga sebagai upaya untuk melestarikan Bahasa Tegal,” kata Wakil Ketua Ketua DPRD Kabupaten Tegal , Rustoyo, Sabtu (18/05/2019).

Politisi asal PDIP ini lebih lanjut menjelaskan, bahasa Tegal kini terancam punah, karena banyak keluarga yang tidak lagi mengajarkan anak-anaknya berbahasa Tegal. Jika hal itu dibiarkan terjadi, dan tidak ada upaya dari pemerintah dan wakil rakyat untuk melestarikan kembali Bahasa Madura, maka dirinya khawatir Bahasa Madura akan benar-benar punah.

Suasana Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tegal dalam Rangka HUT Kab Tegal ke 418.(Foto:Makmur/KBk)

Tidak hanya Wakil Ketua DPRD, Bupati Tegal Umi Azizah juga mengaku, penggunaan bahasa Tegal di kalangan masyarakat , termasuk di lingkungan Pemkab Tegal juga mulai jarang digunakan.

Selain bahasa, anggota DPRD juga menggunakan pakaian adat Tegalan. Dalam kesempatan tersebut Bupati Tegal, Umi Azizah dan Wakil Bupati Tegal Ardie, serta unsur pimpinan DPRD menyerahkan tropidan uang pembinaan bagi peserta lomba yang digelar dalam rangkian hari jadi kabupaten Tegal ke 418 yang jatuh pada tanggal 18 Mei. (Makmur/KBk)