Nelayan Tegal Larung Ancak Berisi 7 Kepala Kerbau

KabarBeritaku.com, ( Tegal )- Ribuan Nelayan Kota Tegal menggelar prosesi sedekah laut di pelabuhan Jongor Tegalsari, kecamatan Tegal Barat kota Tegal , Selasa (17/09/2019). Tradisi yang digelar setiap tahunnya itu, dilakukan dengan melarung sejumlah ancak yang berisi kepala kerbau ke tengah laut.

Pelepasan prosesi tersebut ditandai dengan pemotongan pita melati yang menandakan pelepasan tujuh buah ancak yang berisi tujuh kepala kerbau yang dihias beserta hasil bumi seperti buah dan sayur oleh Wali kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, di halaman KUD Karya Mina .

Prosesi dimulai dengan melakukan kirab ancak, hiburan, pentas wayang, dan tasyakuran. Selanjutnya acara puncak diisi dengan larung ancak yang berisi kepala kerbau dan sesaji berupa hasil bumi ke tengah laut yang telah diarak sehari sebelumnya.

Ketua HNSI Kota Tegal Riswanto menyampaikan bahwa sedekah laut merupakan wujud syukur kepada Allah SWT yang sudah dilaksanakan turun temurun sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT atas limpahan rejeki yang diberikan.
‘’Banyak wujud syukur yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari warga Kota Tegal. Misalnya untuk terus beribadah kepada Allah SWT dan bersedekah kepada masyarakat lainnya yang kekurangan, wujud syukur lainnya adalah sikap dan prilaku masyarakat Kota Tegal yang mau melestarikan alam sekitar. Karena dengan pelestarian alam lah, maka hasil laut akan senantiasa berlimpah.’’ ujarnya.

Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono juga berharap dengan sedekah laut tersebut menjadikan ajang persatuan para nelayan yang ada di Kota Tegal, sehingga tidak ada perbedaan antara nelayan dengan jenis kapal kecil atau besar. Semua bersatu dan berharap hasil tangkapan akan berlimpah terus menerus setiap hari.(Susilo/KBk)