Kirab Budaya Toa Pek Kong di Slawi Berlansung Meriah

  • Whatsapp

KabarBeritaku.com, ( Slawi )- Kirab ritual budaya dalam rangka perayaaan Seng Thian Kongco Liem Thay Soe, diikuti 35 Klenteng seJawa, Minggu (27/10/2019) di Klenteng Hok Ie Kiong. Iringan 35 Toa Pek Kong yang diarak mengelilingi Kota Slawi menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Staf Ahli Bupati Kushartono yang hadir mewakili Bupati Tegal, melepas kirab dari halaman Klenteng Hok Ie Kiong.

“Melalui kirab budaya ini, saya berharap bisa menjadi pintu masuk menumbuhkan kecintaan masyarakat kita akan keanekaragaman budaya Nusantara” Kata Kushartono. Selain itu, dirinya yakin dengan kemasan dan suguhan yang atraktif akan menjadi menarik dan mempunyai value tersendiri. Melalui gelaran ini, diharapkan masyarakat dapat memaknai esensi budaya dalam keragaman, ujar Kushartono.

Read More

Acara yang merupakan agenda puncak Hari Kebesaran Kongco Liem Thay Soe, bukan hanya menampilkan Pertunjukan Naga dan Barongsai saja, tetapi juga diikuti oleh Parisada Hindu Dharma Indonesia yang menampilkan kostum Barong dan adat budaya Bali. Turut juga meramaikan acara, bendera merah putih yang panjangnya mencapai 50m.

Rute perjalanan kirab ritual budaya dimulai dari halaman Klenteng Hok Ie Kiong menuju Slawi Wetan hingga perempatan Slawi Pos – berbelok ke utara hingga sampai perempatan Rama. Dari situ rombongan kirab ke barat melewati ruko slawi hingga kembali lagi ke halaman klenteng.(Jaylani/Kbk)

Related posts