Gowes Bareng Dalam Rangka Haul Gus Dur ke 11

  • Whatsapp

KabarBeritaku.com, ( Tegal )- Dalam rangka menyambut Khaul Kyai Haji Abdurahman Wahid ( Gus Dur ), santri pesisir dan Santri Ponpes Asrama Pendidikan Islam Cabang Tegal, menyelenggarakan kegiatan gowes bareng masyarakat umum Sabtu (19/9/2020). Kegiatan gowes ini mengambil start dan finis di Taman Tegalsari Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal.

Kegiatan start dibuka oleh ketua panitia Khaul Gus Dur ke 11, Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Tegal Barat, Haji. Witoyo Syueb Mukhtar. Setelah start dilepas , sekitar 300 an warga yang terdiri dari santri, dan masyarakat pencinta sepeda santai meramaikan jalanan protokol kota Tegal, dengan menyusuri jalan Jl.Brawijaya, Jalan Hangtuah, Jalan Kapten Ismail sampai simpang Maya, lurus menuju jalan Kapten Sudibyo, Jalan Gatot Subroto, jalan raya kelurahan Keturen, pantura kota Tegal, menuju jalan raya kelurahan Pesuruangan Lor, jalan mataram dan kembali menuju Finis di Pondok Pesantren Asrama Pendidikan Islam Tegal Rejo Cabang Kota Tegal di jalan Brawijaya Kelurahan Muarareja Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal.

Read More

Ketua Panitia Khaul Presiden ke empat republik Indonesia, Haji. Witoyo mengatakan, kegiatan gowes merupakan bagian dari kegiatan Haul Gus Dur yang ke 11. Menurutnya, selain gowes bersama santri dan masyarakat, puncak kegiatan haul Gus Dur juga diisi dengan tahlih akbar dan pengajian.

Witoyo mengatakan , Haul Gus Dur bisa disebut sebagai contoh penting bagaimana agama dan budaya melebur menjadi kekuatan baru yang menyatukan, bukan saling menafikan. Lebih dari itu,haul, di samping bentuk penghormatan pada Gus Dur tapi juga bentuk penerimaan haul sebagai budaya. Karenanya, haul sekarang ini sudah menjadi budaya nusantara, bukan hanya budaya Islam atau warga NU. Toleransi harus dijunjung bangsa Indonesia. Sebab, negeri ini majemuk, terdiri dari berbagai suku dan budaya. Gus Dur menekankan toleransi agar Nusantara tidak terpecah belah. Terutama, sambung Witoyo, ajaran toleransi antarumat beragama di muka bumi. “Menjaga kebersamaan serta meneladani apa yang sudah diajarkan Gus Dur, nanti insya Allah negeri ini akan damai dan sejahtera,” ucapnya.

Selain gowes santri dan masyarakat, Haul Gus Dur ke 11 juga digelar kegiatan Tahlil Akbar dan Istighosah di depan halaman Pondok Pesantren Asrama Pelajar Islam TegalRejo Cabang Kota Tegal di jalan Brawijaya Kelurahan Muarareja Kecamatan Tegal Barat kota Tegal , jawa Tengah, diisi dengan pemberian santunan kepada anak Yatim serta tausyiah yang disampaikan Seif Alwi Iskandar bin Muhammad Misbah bin Muhammad Ali Hasan bin Ahmad bin Muhammad Syarif dari Karawang Bekasi.(Jaylani/MM)

Related posts