Cegah Penularan Covid 19, Pramuka Kwarcab Kota Tegal Bagikan Masker

  • Whatsapp

KabarBeritaku.com, ( Tegal )- Bertepatan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2020, Pramuka Kwarcabkota Tegal bergerak untuk berbagi masker bagi masyarakat. Kegiatan tersebut menindaklanjuti bantuan bahan masker dari Kwartir Daerah Jawa Tengah yang membagikan kain dan pola masker untuk 35 Kwarcab se-Jawa Tengah.

” Alhamdulillah hari ini, secara serentak dilima lokasi seputar kota Tegal, kwarcab kota Tegal melakukan pembagian masker bagi pengguna jalan. Untuk di wilayah kecamatan Tegal Selatan ada dua lokasi pembagian, yaitu di pasar kimpling dan pasar Bandung .” kata Ketua Kwaran Kecamatan Tegal Selatan, Rustanto, Kamis ( 01/09/2020) disela – sela kegiatan pembagian masker.

Read More

Menurut Rustanto aksi pembagian masker oleh pramuka lainnya berada di Pasar Langon Slerok oleh Kwartir Ranting Tegal Timur, Perempataan Jalan SMK Astrindo Pesurungan Kidul oleh Kwartir Ranting Tegal Barat, Pasar Kimpling Debong Kidul oleh Kwartir Ranting Tegal Selatan serta di Lapangan Sumurpanggang oleh Kwartir Ranting Margadana.Adapun sasaran pembagian masker yakni warga masyarakat pengguna jalan yang tidak mematuhi protokol kesehatan dengan tidak mengenakan masker. Anggota pramuka bersama unsur kepolisian serta Satpol PP juga melakukan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat yang melanggar.“Sebanyak 1.300 masker dibagikan sebagai wujud kepedulian dalam upaya pencegahan virus corona atau Covid-19 di Kota Bahari,” ungkapnya.

Rustanto menambahkan bahwa tidak hanya menjaring para pelanggar protokol kesehatan, anggota pramuka pada kegiatan tersebut juga memberikan edukasi kepada masyarakat.“Anggota Pramuka memberikan edukasi kepada masyarakat agar mereka selalu menggunakan masker saat keluar rumah serta membudayakan cuci tangan dengan menggunakan sabun, jaga jarak dan tidak berkerumun,”paparnya.

Kepala kelurahan Debong Tengah kecamatan Tegal Selatan, Iwan, mengatakan, pihaknya mendukung dan membantu membagikan masker untuk masyarakat yang dilakukan Pramuka Jawa Tengah di Kota Tegal ini.
” Selain untuk memantau kesadaran bermasker warga, saya beserta para kepala kelurahan siap bantu membagikan masker,”ucapnya.

Salah satu pedagang pasar Kimpling penerima masker gratis, Tursini mengatakan, merasa senang mendapatkan masker dari Kwarcab Pramuka Kota Tegal.” Saya merasa senang dapet masker, bisa untuk gonta- ganti, biar engga kena denda. Saya berharap pandemi covid 19 cepat berlalu,”tandasnya. (Dian/Kbk)

Related posts