Puluhan Rumah Warga Sigedong Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

  • Whatsapp

KabarBeritaku.com, ( TEGAL )- Puting beliung menerjang permukiman warga Dukuh Ratna Desa Sigedong Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Peristiwa tersebut berlangsung Sabtu (9/1/2021), pukul 13.00 WIB. Akibat kejadian ini 20 rumah warga mengalami rusak ringan, dua ruamh rusak sedang, dan 1 rumah warga rusak berat.

Camat Bumijawa, Susworo mengatakan angin puting beliung yang menerjang warga terjadi secara tiba-tiba. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.Kerugian ditaksi mencapai ratusan juta rupiah. “Kejadiannya tiba-tiba dan tidak disangka warga. Tidak ada korban jiwa, hanya menyebabkan kerusakan material bangunan saja,” katanya

Read More

Kebanyakan rumah warga yang diterjang puting beliung ini mengalami kerusakan pada bagian atap. “Rata-rata hanya bagian atapnya saja yang mengalami kerusakan. Secara keseluruhan bangunan masih berdiri kokoh,” ujarnya.

Mengingat kondisi rumah tidak aman untuk ditinggali, warga yang terdampak bencana tersebut mengungsi sementara ke rumah kerabat terdekatnya. Sebagian lagi, terutama pria dewasa, bersama TNI-POLRI, PMI, Bagana Ansor, membersihkan puing-puing bangunan sisa terjangan angin tersebut.

“Warga dan relawan secara bergotong-royong membersihkan puing-puing atap rumah yang tersapu puting beliung. Kami mengimbau kepada warga selalu waspada ketika kondisi cuaca hujan karena angin kencang dapat sewaktu-waktu terjadi,” ucapnya.

DATA RUMAH RUSAK

Sejumlah rumah warga mengalami kerusakan ringan akibat terjangan angin puting beliung sekitar, 20 rumah, yang tercantum di RT. 03 RW. 02. Dikrad, Wahyudin, Heri, Mustofa, Sunarti, Muniti, Suin, Roni, Dayat, Tarno. Sedang RT. 04 RW. 02. Duin, Udin. RT. 08 RW. 02. Wawan, Karsim, Sairin, Jaka, Hafid, Rumanah, Sugeng, Nuridin, sedang rusak ringan hanya dua di RT. 08 RW. 02.Sito dan Wasad. Rusak berat milik warga bernama Wanto.(Jaylani Iqbal/KBk)

Related posts