Kumpul dan Berkaraoke Tanpa Masker, 15 Camat Di Kabupaten Tegal Didenda 100 Ribu

  • Whatsapp

KabarBeritaku.com, ( Slawi )- Kepolisian Resort Tegal menyerahkan kasus pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan oleh 15 camat di Kabupaten Tegal Jawa Tengah, kepihak Satpol PP Pemerintah Kabupaten Tegal. Pihak kepolisian menyimpulkan tidak ada unsur pidana, melainkan hanya pelanggaran peraturan bupati nomor 42 Tahun 2021, tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Penularan Covid-19.

Menurut Kasat Reskrim Polres Tegal, AKP I Gede Dewa Aditya, kasus pelanggaran protokol kesehatan telah dilimpahkan ke Satuan Polisi Pamong Praja. Para camat yang melakukan pelanggaran pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat darurat itu hanya dikenai denda maksimal Rp 100.000 per orang.

Read More

I Gede Dewa Aditya menyatakan, penyidik Satreskrim Polres Tegal telah menyelesaikan penanganan 15 camat dalam kasus dugaan pelanggaran prokes.Dalam proses penyelidikan Tidak menemukan unsur menghalang-halangi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan, dan berdasarkan data dari Dinas Kesehatan tidak ditemukan klaster baru yang diakibatkan dari kegiatan yang dilakukan di kantor kecamatan Slawi tersebut. Sehingga pihaknya menyerahkan sangsi tersebut kepihak Satpol PP Pemkab Tegal.” Penyidik memeriksa 19 saksi, diantara fotografer dan 15 camat, setelah melakukan rangkian proses penyelidikan, terhadap laporan seorang warga,  tidak ditemukan adanya unsur pidana. Semantara pihak penyidik tidak mengenakan pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dengan alasan tidak ditemukannya unsur menghalang-halangi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan yang dilakukan para camat sehingga menyebabkan kedaruratan kesehatan masyarakat.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan kabupaten Tegal, sampai dengan sejauh ini, terhitung sejak 24 Juli 2021 tidak ditemukan klaster baru yang diakibatkan dari kegiatan yang dilakukan di kantor kecamatan Slawi tersebut,”paparnya Jumat (13/8/2021) kepada wartawan.

Sebelumnya, video dan foto mengenai belasan camat berkaraoke serta berfoto tanpa memakai masker maupun jaga jarak beredar di media sosial. Foto dan video itu diambil di Kantor Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, pada hari ke 22 PPKM Darurat tepatnya pada Sabtu 24 bulan Juli 2021.Perbuatan itu dilaporkan ke Kepolisian Resor Tegal oleh seorang warga.(Jaylani Iqbal /KBk)

Related posts