KPU Kabupaten Tegal Simulasi Pemungutan Suara, Butuh Waktu Berapa Lama

  • Whatsapp

Kabarberitaku.com, ( SLAWI )- Komisi Pemilihan Umum( KPU) Kabupaten Tegal menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2024. Simulasi tersebut digelar di halaman Kampus Institut Bakti Negara(IBN)Tegal,( rabu 27/12 /2024). upaya itu dilakukan untuk perbaikan proses pencoblosan pada 14 febuari 2024 mendatang.

Simulasi ini bertujuan untuk menguji coba waktu yang dibutuhkan dalam pemungutan hingga perhitungan suara ,kata ketua KPU kabupaten Tegal ,Nurokhman. simulasi pencoblosan pemilu 2024, sesuai PKPU simulasi dibuka mulai dari jam 7 pagi sampai pengucapan janji seperti pemilu . hanya saja kelengkapan yang digunakan pada simulasi KPU, menggunakan kelengkapan yang mirip dengan pemilu ,seperti surat suara dan alat lainya.

Read More

KPU kabupaten Tegal menyediakan lima jenis surat suara pada simulasi tersebut, yakni presiden-wakil presiden ,DPR RI, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD Kabupaten. Namun ,dalam simulasi tersebut nantinya hanya surat suara presiden dan wakil presiden, serta surat suara DPR RI saja yang dihitung. Anggota Divisi teknis penyelenggaraan KPU Kabupaten Tegal ,Fasihin mengatakan, tujuan utama dari simulasi ini adalah untuk mengetahui estimasi waktu proses pemungutan suara. “Kami ingin mengetahui berapa lama proses pemungutan suara,mulai dari pendaftaran pemilih sampai dengan memasukan jari kedalam tinta.Dari simulasi tersebut juga bisa diketahui sisi mana yang perlu diperbaiki dalam pelaksanaan pemungutan suara nanti. (Wanudi/KBk)

Related posts