Bawaslu Kabupaten Tegal Gelar Deklarasi Pemilu Damai, Aman, Bermartabat

  • Whatsapp

KabarBeritaku.com, ( Tegal )- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tegal menggelar Deklarasi Pemilu Damai bersama para perwakilan elemen dan organisasi . Senin (1/10/2018).

Para perwakilan Plt Bupati Tegal, Umi Azizah, jajaran Forkopimda, Polres Tegal, Kodim 0712 Tegal, KPU,Parpol peserta Pemilu, organisasi masyarakat, LSM, organisasi Kepemudaan,Media Massa, turut hadir di ruang pertemuan Hotel Grand Dian Slawi.

Read More

Ketua Bawaslu Kabupaten Tegal, Ikbal Faizal, melalui Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga, Sri Anjarwati,M.kom mengatakan deklarasi damai merupakan upaya untuk menguji Pemilu yang berkualitas.Dengan harapan para partai politik turut berpartisipasi dalam menciptakan pemilu damai.Pihaknya juga menghimbau supaya Partai Politik dan Calon Legislatif bertarung dengan jujur dan tanpa politik uang.Selain itu, lanjut Anjar, Bawaslu kabupaten Tegal juga mensosialisasi pasal 69 PKPU no 23 tahun 2018 tentang pelaksana, peserta, dan tim kampanye pemilu Presiden (Pilpres) maupun Legislatif (Pileg).

Menurut Anjar , dalam kesempatan tersebut pihak memberikan peringatan agar parpol dan caleg tidak memasang Alat Peraga Kampanye (APK) di tempat ibadah, pendidikan, dan fasilitas publik milik pemerintah.” Pemasangan APK saja tidak boleh ditempat ibdah, terlebih ada kampanye yang dibungkus dengan acara pengajian. Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di setiap wilayah, hal ini,” ujarnya.

Plt. Bupati Tegal , Dra. Hj. Umi Azizah berharap Bawaslu dapat menjadi wasit dalam penyelenggaraan Pemilu. Pihaknya juga berharap para partai politik dan calon legislatif mentaati aturan yang berlaku.“Taati aturan kampanye dan jangan jadikan tempat yang dilarang Bawaslu untuk berkampanye, maupun memasang APK,”pesannya.

Sebagai simbol deklarasi pemilu bersih, damai, aman, dan bermartabat. Selanjutnya, perwakilan partai politik, perwakilan elemen masyarakat untuk menciptakan Pemilu damai dengan dilambangkan dengan aksi penanda tanganan dan pembacaan ikrar damai oleh masing – masing parpol peserta pemilu di kabupaten Tegal.(Makmur/KBk)

 

Related posts