Jembatan Kali Kumisik Ambruk, Pemkab Tegal Siapkan Penanganan Darurat

KabarBeritaku.com, ( Slawi )– Pemerintah Kabupaten Tegal mempersiapkan penanganan darurat menyusul ambruknya kontruski jembatan Kali Kumisik Desa Wanasari Kecamatan Margasari hari Senin (21/1) sore kemarin, akibat diterjang banjir.

” Sudah kami tinjau Hasil perhitungan dinas teknis ini diperoleh perkiraan biaya untuk menyambung jembatan tersebut berkisar Rp. 500 juta.” kata Kepala DPU Kabupaten Tegal Heri Suhartono.

Sebelumnya, jembatan dengan lebar 1,5 meter dan panjang 100 meter ini sudah putus akibat terjangan banjir tahun lalu. Kemudian warga berinisiatif membuat akses jembatan darurat dari kayu. Meski beresiko, warga tetap menggunakannya karena ini merupakan akses terdekat warga Dukuh Gesing Desa Wanasari ke kota Kecamatan Margasari. Setelah adanya banjir ini, jembatan non permanen yang berdiri diatas bangunan lama yang roboh pun ikut hanyut.

Heri menuturkan, tidak seluruh bangunan fisik di sepanjang jembatan ini roboh, masih ada sisa. “Material jembatan seperti besi yang jatuh ke badan sungai Senin sore kemarin masih bisa dimanfaatkan”, katanya.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal Tedjo Kisworo mengatakan pihaknya akan mengusulkan penetapan status kebencanaan agar proses perbaikan jembatan tersebut bisa segera dilakukan tahun ini.(Jaylani/Kbk)