Pemulung Hingga Pelajar Antusias Ikuti Lomba Baca Sajak Tegalan

KabarBeritaku.com, ( Tegal)– Antusiasme peserta lomba baca sajak Tegalan yang digelar oleh seniman Tegal, di Pantai Muarareja Indah, Minggu ( 17/02/2019)  terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti lomba sajak Tegalan karya Thambari Gustam baik dari kalangan umum dan pelajar.
Panitia kegiatan  Ilyas mengatakan, jumlah peserta yang mencapai 57 orang merupakan bentuk antusiasme dan apresiasi tinggi masyarakat Tegal dan sekitarnya. Adanya lomba baca sajak ini menurutnya, sudah cukup bagus untuk perkembangan seni sastra di Tegal pada khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya.
“Lomba seperti ini mengangkat kembali minat baca di kalangan masyarakat dan remaja khususnya,” kata Ilyas  ditemui di tempat diberlangsungkannya lomba.

Sementara salah satu peserta lomba baca sajak Tegalan Riani, mengaku antusias dengan adanya lomba baca puisi yang terbilang unik dan jarang dilirik oleh tokoh-tokoh maupun perusahaan. Ia berharap, setelah  Thambari Gustam akan ada lagi tokoh-tokoh yang menggelar lomba baca sajak seperti ini.”Saya suka karya-karya sastra dan diberi kesempatan untuk mengekspresikannya adalah suatu kesempatan untuk mengapresiasi,” tutur perempuan yang kesehariannya bekerja sebagai pemulung.

Bisa Ditingkatkan
Sementara itu penyelenggara lomba dan pengarang  sajak Tegalan , H. Thambari Gustam menyatakan, tingginya antusiasme peserta menunjukkan generasi muda saat ini masih banyak yang mencintai karya sastra. Menunjukkan bahwa semangat anak muda untuk membaca masih bisa ditingkatkan. Thambari menambahkan di gelarnya Lomba sajak Tegalan, di Pantai Muarareja Indah yang tentunya  di alam lepas terbuka menjadi sebuah hal yang tidak biasa, dimana peserta harus mampu mengatasi suara deburan gelombang.

“Semangat anak muda untuk membaca semakin pudar, terlebih dengan hadirnya media sosial. Tingkat literasi masyarakat Indonesia termasuk yang paling rendah, kalah dengan negara-negara lain, oleh karena itu dengan adanya lomba ini diharapkan mampu meningkatkan kecintaan membaca puisi Tegalan bagi masyakat khususnya para generasi muda. nah diadakan di Pantai Muarareja ini sendiri ada tujuannya, yaitu untuk melatih vocal karena dialam terbuka, tujuan lainnya adalah mengenalkan destinasi wisata Pantai yang di miliki oleh kota Tegal,” kata Thambari.

Dewan juri lomba baca sajak Tegalan,serius mengamati aksi peserta lomba, (Foto:Makmur/Kbk)

Thambari juga mengucapkan banyak terima kasih kepada sejumlah pihak dan khususnya jajaran pengurus kelompok sadar wisata Pantai Muarareja yang turut serta membantu terselenggaranya kegiatan lomba baca sajak Tegalan. ” Saya secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak khususnya Pokdarwis yang membantu baik tempat, tenaga dan mungkin materil,”ucapnya.

Sementara ketua Pokdarwis Pantai Muarareja Indah, Ranyan mengatakan, digelarnya lomba baca sajak Tegalan di Pantai Muarareja Indah merupakan yang pertama.” Ini merupakan pengalaman pertama dan luar biasa,semoga kegiatan seperti ini dapat berlangsung dan menjadi sebuah agenda untuk menghidupkan seni, khususnya karya karya – sastra Tegal,”ucapnya.

Berikut nama-nama pemenang lomba sajak Tegalan karya H. Thambari Gustam ;
Katagori Umum :
Juara 1. M. Safi’i asal Warga Kejambon Kota Tegal Juara 2. Dodi      asal Warga Jalan Bawal kota TegalJuara 3. Gayuh   asal Warga Tegal Timur
Harapan
1. Endang Sriwitanti Kabupaten Brebes2. Afifudin  Surodadi kabupaten Tegal 3. Fitroturahmah Mejasem kabupaten Tegal
Kategori Pelajar :
Juara 1. Yolinda  Asal Warga Kelurahan TegalsariJuara 2. lULU     asal Warga Kejambon kota Tegal Juara 3. Ita D    asal Warga Tegalwangi kecamatan DUkuhturi kota Tegal
Harapan :
1. Dyah , Mejasem kabupaten Tegal2. Vhnasa, Tegal 3. Fina Pesayangan Kabupaten Tegal.
(Makmur/KBk)