Ajak Masyarakat Jaga Kerukunan,Komunitas Perupa Tegal Gelar Pameran Lukisan

Gaya Hidup



KabarBeritaku.com, ( Tegal )- Komunitas Jala Perupa Tegal menggelar pameran lukisan di Spasi Creative Space dengan mengusung tema ‘’Beda Arus’’. Ada 41 lukisan yang dipamerkan dalam menyampaikan pemilu damai kepada masyakat. Sabtu (6/4) malam.
Pameran yang dimulai dari 7 hingga 20 April 2019 itu merupakan hasil dari 12 perupa Tegal dengan macam-macam bentuk lukisan.

JBow selaku ketua panitai menyampaikan bahwa pameran tersebut merupakan bentuk persembahan perupa Tegal kepada masyarakat di tahun politik ini agar tetap menjaga persaudaraan dalam mencarai figur pemimpin. “Pameran seni rupa dengan tema “Beda Arus” mengajak kita semua sedikit menengok ke belakang sebagai bekal melangkah maju ke depan penuh harapan,” ucapnya dalam pembukaan Pameran Seni Rupa “Beda Arus”.

Salah satunya yakni falsafah nenek moyang Kota Tegal dengan kisahnya Banteng Loreng Binoncengan yang menggambarkan figur seorang pemimpin yang dapat menuntun, bersikap adil, sabar, pengertian, penuh kasih sayang dan mengayomi rakyatnya.
“Dari situ lah tema “Beda Arus” kita ambil. Bagi kami perbedaan bukan menjadi jarak, justru perbedaan menjadi kebebasan dalam berekspresi. Kebebasan yang dapat dipertanggungjawabkan, sekaligus diperjuangkan. Perbedaan adalah keniscayaan, beda arus menjadi kemakluman,” ujarnya.

Sedangkan Yono Daryono selaku Ketua Dewan Kesenian Kota Tegal mengapresiasi atas pameran seni rupa ini. Karena ini merupakan langkah awal untuk kemajuan seni rupa di Kota Tegal. “Saya harapkan pameran seni rupa berkelanjutan,” ungkapnya.

Yono Daryono juga berharap kedepan perupa Tegal mampu membuat terobosan baru dalam mengeksplorasi apa yang ada di Tegal.(Makmur/Kbk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *