Kajian Ramadhan, Darsiti: Bulan Ramadhan Bulan Luar Biasa

KabarBeritaku.com, ( Tegal )– Mengapa Bulan Ramadhan sebagai bulan yg luar biasa? Karena Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia, bulan penuh ampunan, bulan penuh keberkahan dan  bulan yang dipilih sebagai  bulan untuk  berpuasa selama satu bulan penuh.

Hal tersebut disampaikan Penyuluh Agama Kantor Kementerian Agama Kota Tegal Hj. Darsiti, S.Ag Rabu (8/5/2019).

Menurut Darsiti, semua umat Islam di Jagad Alam Raya ini menyambut bulan Ramadhan dengan bersuka ria, karena mengharapkan segala kesalahan yang diperbuat akan diampuni. Mengharapkan keberkahan karena semua amal sholeh yang dilakukan akan memperoleh balasan dengan balasan pahala yang tak terhingga.

“Marhaban ya Ramadhan, ayo kita sambut dan kita laksanakan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya,” ungkap Darsiti.

Darsiti mengatakan, Allah berfirman dlm surat Al Baqoroh ayat 183: “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.”

Wahai kaum muslimin dan muslimat tujuan puasa yang diwajibkan Al Qur’an tidak hanya puasa lahir dan bersifat kebendaan yang merupakan usaha untuk menjauhi segala yang membatalkan puasa. Akan tetapi puasa bersifat  kejiwaan dan positif untuk mencapai tujuan syariah yaitu membentuk perangai taqwa pada setiap muslim.

“Jadikan puasa kita menjadi madrasah atau lembaga pendidikan yang akan menghasilkan taqwa dituangkan dalam segala perangai seperti, sabar, menentang hawa nafsu, bersyukur dan ikhlas,” ujar Darsiti.

Darsiti menuturkan Rasulullah SAW bersabda, puasa adalah separuh dari sabar. (HR.Tirmidzi dan Ibnu Majah).

“Mudah-mudahan puasa ditahun ini lebih membentuk perangai taqwa kepada Allah, jangan hanya sekedar menahan rasa lapar dan dahaga,” pungkas Darsiti.(Makmur/Adv/KBk)